ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ibu, Ini Tips agar Si Kecil Senang Baca Buku

0

SETIAP orangtua berkewajiban untuk memberi pendidikan dan pengetahuan kepada anaknya sejak dini. Salah satu sarana untuk mendapatkan ilmu pengetahuan adalah buku. Saking pentingnya, buku kerap disebut “Jendela Dunia.”

Karenanya penting bagi setiap orangtua membuat buah hatinya jatuh cinta pada buku sejak dini. Mengutip alodokter.com, berikut cara-cara menumbuhkan cinta si kecil pada buku sesuai tahap usia.

1.Usia 0-6 Bulan

Orangtua khususnya ibu dapat memilih buku khusus bayi berisi banyak gambar namun sedikit teks atau tanpa teks sedikitpun. Pada usia ini kemampuan melihat anak belum berkembang, jadi si kecil biasanya lebih tertarik pada gambar. Kisahkan apa yang tergambar dalam buku, meskipun si bayi belum memahami kata-kata orang tua, namun dapat mengetahui nada atau intonasi yang terdengar.

2.Usia 7-12 Bulan

Related Posts

Pada usia ini, si kecil sudah mulai memahami beberapa kata yang terucap dari penjelasan tentang sebuah buku. Saat membacakan buku, tunjukkan berbagai intonasi, mimik wajah dan dan tangan sebagai alat bantu. Pada usia ini, si kecil sudah bisa menyentuh buku, jadi jangan sampai memilih buku yang membuatnya terluka dan usahakan bahan buku lembut hingga aman untuk disentuh.

3.Usia 13-18 Bulan

Nah, pada usia ini barulah si kecil bisa diperkenalkan dengan buku yang berisi beberapa kata. Tidak banyak, cukup satu atau dua kalimat saja dalam buku dengan tetap mengutamakan gambar. Saat menceritakan isi buku, ajaklah si kecil berinteraksi dengan mengikuti suara Anda.

4.Usia 19-24 Bulan

Saat tahapan usia sebelumnya dijalani dengan baik, maka si kecil sudah menjadi akrab dengan buku. Pada usia ini, si kecil cenderung meminta buku secara berulang-ulang. Pada usia ini, bacakan buku dengan suara yang cukup keras dan menyenangkan agar anak paham mengenai komunikasi, angka, huruf, warna, maupun bentuk. Si kecil akan perlahan menambah kosakata hingga keterampilan mendengar dan mengingat. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...