ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Hujan Turun, Jangan Mengeluh, Lakukan Ini Saja

Foto: Blog ACT
0

BANYAK orang yang mengeluh ketika turunnya hujan. Apalagi ketika hujan itu tak kunjung reda. Kebanyakan mereka mengeluhkan tak bisa beraktivitas seperti biasa. Hujan menjadi penghambatnya. Padahal, hujan merupakan waktu istimewa, lho!

Ya, daripada kita mengeluh, lebih baik kita berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah sangat menyukai hamba-Nya yang meminta pertolongan kepada-Nya. Sebab, orang yang meminta hanya kepada-Nya menandakan bahwa ia sangat membutuhkan Dia. Dengan begitu, ia mengakui bahwa dirinya hanyalah makhluk lemah, yang tak mampu menjalankan kehidupan ini tanpa pertolongan Dia.

Nah, jika kita ingin peluang doa terkabul, maka berdoalah di waktu-waktu tertentu. Salah satu waktu mustajab untuk berdoa ialah ketika hujan turun.

Dari Sahl bin Sa’ad, Rasulullah SAW bersabda, “Dua waktu yang tidak akan ditolak (permohonan yang dipanjatkan di dalamnya) atau sedikit kemungkinan untuk ditolak, yait doa setelah (dikumandangkan) adzan dan doa ketika berkecamuk peperangan, tatkala satu dengan yang lainnya saling menyerang.”

Disebutkan dalam sebuah hadis dari jalur Musa, dari Ruzq, dari Abu Hazm, dari Sahl bin Sa’ad dengan lafal yang sama, dengan tambahan, “Wa waqtul mathari (dan doa pada waktu hujan).” Sedangkan dalam lafal Al-Hakim disebutkan, “Wa tahtal mathari (dan doa ketika turunnya hujan).”

Maka, ketika hujan turun, jangan kita lewatkan begitu saja. Gunakan kesempatan itu untuk memohon, meminta kebaikan kepada Allah. []

Referensi: Doa Zikir dan Ruqyah dari Al-Quran dan As-Sunnah/Karya: DR. Said bin Ali Al-Qathani/Penerbit: Aqwam Jembatan Ilmu

loading...
loading...