islampos
Media islam generasi baru

HRW: Militer Myanmar Lakukan Kekerasan Seksual Secara Sistematis Terhadap Muslim Rohingya

0

YANGON – Pasukan keamanan Myanmar melakukan kampanye sistematis pemerkosaan dan kekerasan seksual terhadap Muslim Rohingya selama tindakan kekerasan baru-baru ini, lapor sebuah kelompok hak asasi manusia internasional, Senin kemarin (6/2/2017).

“Kekerasan seksual tidak tampak acak atau oportunistik tetapi bagian dari serangan yang terkoordinasi dan sistematis terhadap Muslim Rohingya, sebagian karena etnis dan agama mereka,” kata Human Rights Watch (HRW) dalam sebuah laporan.

Laporan – berdasarkan wawancara dengan 18 perempuan dan 10 laki-laki yang melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh dari kabupaten Maungdaw – mendokumentasikan 28 insiden perkosaan dan kekerasan seksual lainnya antara bulan Desember dan Januari.

Korban selamat dan saksi mata mengidentifikasi tentara dan unit polisi perbatasan melakukan serangan kepada perempuan Muslim Rohingya, beberapa memegang korban atau mengancam mereka dengan senjata.

“Serangan-serangan mengerikan terhadap perempuan dan anak perempuan Rohingya oleh pasukan keamanan menambahkan bab baru sejarah panjang dan memuakkan kekerasan seksual terhadap perempuan yang dilakukan militer Rohingya,” kata peneliti HRW, Priyanka Motaparthy dalam laporannya.

Pemerintah Myanmar sebelumnya telah membantah tuduhan tersebut namun pada hari Senin kemarin berjanji untuk menyelidiki klaim dari HRW. Zaw Htay, juru bicara presiden, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa komisi yang ditunjuk pemerintah sedang berusaha menyelidiki tuduhan baru tersebut.[fq/islampos]

loading...
loading...