islampos
Media islam generasi baru

Hirup Air ke Hidung Ketika Wudhu, Bermanfaat Lho!

Foto: www.celikalquran.com
0

APAKAH Anda merasakan manfaat yang berbeda ketika berwudhu? Mungkin, banyak dari kita yang belum merasakannya. Tapi, mengapa ya bisa begitu?

Ternyata, hal itu terjadi karena adanya kesalahan ketika wudhu. Ya, seringkali banyak orang yang “asal-asalan” dalam berwudhu. Maksudnya, wudhu itu hanya sekadar basah saja. Padahal kan kita tahu, bahwa bukan itu maksud dari wudhu. Melainkan, agar diri kita suci dari segala noda.

Nah, salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh seseorang ketika wudhu adalah saat menghirup air ke hidung. Ya, seharusnya air itu dihirup. Tetapi, banyak orang yang memasukkan jari saja ke hidung atau menyeka-nyeka ujung hidung.

Jika tidak dilakukan, maka selain termasuk kesalahan, menghirup air ke dalam hidung juga memiliki manfaat tertentu lho! Sebagaimana dilansir dalam ummi-online.com bahwa ada empat manfaat dari menghirup air ke dalam hidung ketika wudhu. Apa sajakah itu?

1. Menggugurkan Dosa
Dari Abu Umamah Radliyallahu Anhu bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapapun yang berdiri menuju air wudhunya dengan maksud mengerjakan shalat, kemudian ia membasuh kedua telapak tangannya, maka turun (keluar)lah dosanya dari kedua telapak tangannya bersama tetesan air. Apabila ia berkumur-kumur, beristinsyaq dan istintsar (menghirup dan mengeluarkan air dari hidung) maka keluarlah dosanya dari lisan dan bibirnya bersama awalnya tetesan air, dan seterusnya,” (HR. Ahmad: V/ 263. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: shahih).

2. Termasuk Penyempurna Wudhu
Laqith Ibnu Shabirah Radliyallahu ‘Anhu berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Sempurnakanlah dalam berwudhu, usaplah sela-sela jari, dan isaplah air ke dalam hidung dalam-dalam kecuali jika engkau sedang berpuasa,” (HR. Imam Empat dan hadis shahih menurut Ibnu Khuzaimah, dari software Bulughul Maram).

3. Mengusir Setan di Liang Hidung
“Jika salah seorang di antara kamu bangun dari tidur, maka hendaklah dia beristintsar (mengeluarkan air dari hidung setelah istinsyaq (menghirup air ke hidung) tiga kali. Sebab setan menginap di rongga hidungnya,” (Muttafaq Alaih atau HR. Bukhari Muslim).

4. Baik untuk Kesehatan Hidung dan Pernafasan
Prof. Dr. Syahathah dari bagian THT fakulas kedokteran Universitas Alexandria membuktikan bahwa Istinsyaq dapat membersihkan hidung dari kuman-kuman dan mengeluarkan kuman tersebut. Sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi hidung.

Istinsyaq dengan benar dapat menghilangkan 11 kuman penyakit membahayakan yang ada di dalam lubang hidung. Terutama dalam hal gangguan pernafasan, radang paru-paru, panas rumatik, penyakit rongga hidung, dan lain-lain. []

loading...
loading...