Hilangkan Stigma Negatif, Eks Kombatan Luncurkan Film “Jalan Pulang”

0

JAKARTA—Komunitas Rumah Katu Production meluncurkan film yang berjudul “Jalan Pulang”, menceritakan tentang pengalaman mantan narapidana terorisme yang merupakan anggota Jamaah Islamiyah wilayah Poso.

Mantan narapidana terorisme Arifuddin Lako alias Iin alias Brur langsung menjadi sutradara dalam film ini. Iin menyampaikan, Inisiasi dirinya membuat film ini, agar orang-orang diluar poso mengetahui poso tidak se-ekstream pemberitaan diluar.

“Selain itu, menceritakan tentang pelaku teroris yang bebas dari penjara, namun tidak mendapat sambutan positif dari lingkungan dan berusaha meyakinkan masyarakat bahwa eks teroris butuh penerimaan dan kepercayaan dari masyarakat sekitar,” ujarnya kepada Islampos.com di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta Pusat, Selasa (27/2).

Film ini ditayangkan sebagai rangkaian acara Bedah Buku dengan tema “Keluar dari Ekstremisme” yang diadakan Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Yayasan Paramadina, Jakarta. Namun, yang sangat disayangkan, film ini tidak diputar di bioskop.

Iin mengungkapkan daerah Poso saat ini sudah aman, anak buah pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso yang tewas ditembak Polisi hanya ada di gunung.

“Saat ini, anak buah yang di gunung tersebut sudah kembali ke kota yang juga sudah kembali berbaur ke tengah masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan dari film yang berdurasi 40 Menit ini pesan lain yang ingin disampaikan, bahwa Poso layak untuk dikunjungi. “Saya meminta, agar kata mantan teroris atau apapun dirubah sehingga bisa mengurangi stigma negatif tersebut,” tegasnya.

Untuk diketahui, film ini pertama kali ditayangkan di Jakarta sebelumnya tayangan perdana dilakukan di Universitas Kristen, Tentena, Sulawesi Tengah. []

Reporter: Rhio

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline