ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Hendak Dijadikan Taman, Israel Hancurkan Pekuburan Muslim di Yerusalem

Foto: PIC
0

YERUSALEM—Dalih hendak dijadikan taman, Israel pada Senin (11/9/2017) pagi, meratakan pemakaman muslim di dekat Kota Tua, Yerusalem Timur.

Menurut Mustafa Abu Zahra, pimpinan LSM lokal yang melindungi pemakaman Muslim di kota tersebut mengatakan, buldozer Israel muncul pada Senin pagi dan kemudian menghancurkan sebagian tembok pemakaman di bagian barat.

“Buldoser itu menghancurkan pemakaman seluas 10 meter, sebelum penduduk setempat turun tangan menghentikannya,” ujar Abu Zahra lansir Anadolu Agency.

Abu Zahra menjelaskan bahwa pekuburan tersebut merupakan Pemakaman Pahlawan Yerusalem yang terbunuh dalam perang Arab-Israel 1967. Perang tersebut berakhir dengan pendudukan Israel atas Tepi Barat, Yerusalem Timur dan Jalur Gaza.

“Tempat ini ditetapkan sebagai pemakaman oleh dewan kota Yerusalem sebelum pendudukan kota tersebut pada tahun 1967,” jelas Abu Zahra.

Kini, lanjut Abu Zahra, pihak berwenang Israel berencana mengubah kuburan itu menjadi taman Yahudi Israel.

Abu Zahra mengatakan bahwa LSMnya tengah mempertimbangkan mengajukan tuntutan ke pengadilan Israel, melawan kebijakan mengubah kuburan Muslim menjadi taman.

Seperti diketahui, Israel menduduki Yerusalem Timur pada 1967. Mereka kemudian mencaplok seluruh kota pada tahun 1980, dan mengklaimnya sebagai “ibukota abadi” negara Yahudi baru. []

loading...
loading...