Hendak Bepergian? Sebaiknya Bacalah Doa Ini

0

Dengan berdoa, insya Allah kita akan terlindung dari segala musibah yang akan menimpa.

HARI libur seperti sekarang ini, biasanya kita melengkapinya dengan pergi berliburan bersama keluarga. Baik itu yang jaraknya dekat maupun jauh.

Di perjalanan, sudah menjadi hal yang tak asing bagi kita jika terjadi kecelakaan. Tetapi, hal yang tak asing lagi itu, menjadi begitu menegangkan jika menimpa diri kita atau keluarga kita. Tentu kita tak ingin musibah menimpa kita di perjalanan bukan? Maka dari itu, memperbanyak berdoa kepada Allah SWT merupakan cara yang paling tepat bagi kita agar memperoleh keselamatan.

Anda bisa memohon doa perlindungan dari musibah dan kesengsaraan. Seperti apa doanya?

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ البَلاَءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ القَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari musibah yang tidak kuat aku tanggung, sebab-sebab datangnya kebinasaan, takdir yang membawa akibat buruk dan kegembiraan musuh atas penderitaanku.”

Doa ini berasal dari sebuah hadits yang shahih berikut ini:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَعَوَّذُ مِنْ جَهْدِ البَلاَءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ القَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ»

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam berlindung (kepada Allah Ta’ala) dari musibah yang tidak kuat ditanggung, sebab-sebab datangnya kebinasaan, takdir yang membawa akibat buruk dan kegembiraan musuh.” (HR. Bukhari no. 6347 dan Muslim no. 2707)

Itulah doa yang bisa kita panjatkan agar memperoleh keselamatan. Sehingga, segala musibah yang akan kita terima terhindarkan. Selain berdoa, kita juga dapat memberikan sedekah kepada orang lain. Dengan begitu, catatan keburukan yang harusnya menimpa, menjadi terhindarkan atau menjadi lebih ringan beban yang akan kita tanggung. Wallahu ‘alam. []

Referensi: Doa, Dzikir dan Ruqyah dari Al-Quran dan As-Sunnah/Karya: DR. Said bin Ali bin Al-Qathani/Penerbit: Aqwam

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline