islampos
Media islam generasi baru

Heboh, Beredar Foto Menteri Pertanian India Kencing Sembarangan

Foto: Twitter/ @RJDforIndia
0

PEJABAT tinggi India menuai kritik setelah foto dirinya yang sedang buang air kecil sembarangan tersebar. Pria dalam foto tersebut diduga adalah Menteri Pertanian, Radha Mohan Singh, politisi dari Partai berkuasa di India Bharatiya Janata Party (BJP).

Foto sang Menteri beredar luas setelah diunggah oleh akun media sosial Partai Rashtriya Janata Dal. Hal ini langsung memicu ketegangan di politik nasional India.

Namun sampai saat ini kebenaran foto tersebut masih simpang siur. Media lokal News18 menyebutkan bahwa momen dalam foto tersebut terjadi saat Singh sedang melaksanakan kunjungan kerja di Motihari, Champaran Timur. Namun Singh belum bisa dikonfirmasi hingga berita ini dinaikkan.

Kejadian ini membuat Menteri Pertanian dihujat karena kontradiktif dengan kondisi India yang terjebak dalam permasalahan buang air kecil sembarangan. India menghadapi masalah pelik soal buang air kecil di tempat umum. Selain karena sudah membudaya, akses toilet yang minim ikut memperburuk keadaan. Lebih dari 50 persen rumah tangga di India tidak memiliki fasilitas toilet memadai.

Kondisi buruk ini mendapat perhatian khusus dari pemerintahan era Narendra Modi melalui program Swachh Bharat untuk membersihkan jalanan India dari urine manusia. Pemerintah India — yang dikuasai oleh Partai BJP-nya Singh — sedang bersusah payah menghadapi kebiasaan kencing sembarangan. Pemerintah terus mengkampanyekan kesadaran untuk tidak kencing sembarangan sekaligus membangun 12 juta toilet di pedesaan.

Pihak BJP mengkonfirmasi dengan apa yang dilakukan oleh anggota seniornya. Partai nasionalis India membela Singh dan melihat tidak ada yang salah dengan tindakan Singh. “Tidak ada yang salah dengan apa yang dilakukan oleh Menteri,” Rajib Ranjan, juru bicara BJP kepada Hindustan Times yang dikutip oleh Independent.

“Tidak ada yang bisa menahan kencing dalam waktu lama. Apa yang Anda lakukan saat sedang dalam perjalanan jauh dan tidak ada kamar mandi?” lanjut Rajib. BJP juga menyebutkan peristiwa tersebut terjadi enam hingga satu tahun yang lalu. []

SatuMedia

loading...
loading...