ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Hebatnya Sergapan Datasemen Abu Salamah

Foto: Sejarah Dunia Islam
0

KETIKA sejumlah kabilah bertindak lancang terhadap kaum Muslimin selepas Perang Uhud, Nabi Muhammad SAW mengirim datasemen Abu Salamah. Kelompok pertama yang menyerang kaum Muslimin adalah Bani Asad bin Khuzaimah.

Intelijen Madinah menginformasikan bahwa Talhah dan Salamah (Keduanya anak Khuwailid), menemui kaumnya dan siapa yang patuh pada keduanya, mengajak Bani Asad bin Khuzaimah untuk memerangi Nabi SAW. Lantas, dengan cepat Rasulullah SAW mengirim datasemen berkekuatan 150 prajurit dari kalangan Muhajirin dan Anshar, dan menunjuk Abu Salamah sebagai komandan pasukan mereka. Abu Salamah menyergap Bani Asad bin Khuzaimah di perkampungan mereka sebelum sempat melancarkan serangan, hingga musuh lari kocar-kacir.

Kaum Muslimin berhasil mendapatkan sejumlah unta dan kambing milik mereka lalu hewan-hewan ini digiring. Pasukan Muslimin kembali ke Madinah dalam keadaan selamat dan mendapatkan rampasan perang, tanpa menemui peperangan.

Pemberangkatan datasemen terjadi pada bulan Muharram 4 Hijriyah. Abu Salamah kembali pulang, sementara luka yang menimpanya saat Perang Uhud kembali membusuk. Tidak lama setelah itu meninggal dunia. []

Sumber: Biografi 35 Shahabiyah Nabi/Mahmud Al-Mishri Abu Ammar/Ummul Qura

loading...
loading...