ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Hati-hati, Inilah Cara Menolong Orang yang Alami Telinga Berdarah karena Serangga

0

PENDARAHAN pada telinga bisa menjadi pertanda situasi darurat. Bila terjadi, segera periksakan telinga Anda ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapat pengobatan yang tepat.

Penyebab telinga berdarah bisa bemacam-macam, bisa akibat tercolok benda tumpul seperti cotton bud atau tergores benda tajam sehingga menyebabkan kerusakan saluran telinga atau kerobekan gendang telinga.

BACA JUGA: Telinga Berdenging? Atasi dengan Ini

Namun kali ini penulis akan membahas bagaimana cara pertolongan pertama pada seseorang yang mengalami luka atau perdarahan pada telinga akibat kemasukan serangga. Namun juga harus diingat, agar tetap memperhatikan kondisi korban.

1. Hindari mencungkil serangga dengan jari karena dapat memicu serangga untuk menyengat bagian dalam telinga dan mengakibatkan telinga berdarah.

2. Sambil berbaring, miringkan kepala sehingga lubang telinga yang dimasuki serangga menghadap ke atas, lalu tunggulah serangga merangkak keluar.

BACA JUGA: Semua Telinga Terpasang Ketika Dia Berbicara

Tapi perlu diperhatikan bahwa meski serangga sudah keluar, korban tetap harus menjalani pemeriksaan kondisi telinga karena bagian-bagian kecil dari serangga mungkin saja akan mengiritasi jaringan yang sensitif.

3. Apabila serangga tidak keluar juga, tuang sedikit minyak zaitun atau baby oil ke dalam saluran telinga. Tujuannya agar serangga tidak bisa bernapas atau mengapung di dalam minyak. Tarik cuping telinga perlahan-lahan ke belakang dan ke atas untuk memerangkap serangga ke dalam minyak. Pada telinga anak-anak, tarik cuping telinga ke belakang dan ke bawah. []

SUMBER: ALODOKTER

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Comments
Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend