ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Hasil Survey: Elektabilitas Cagub Jabar Masih Riskan

0

BANDUNG–Survei yang dilakukan Indocon pada Oktober dengan menggunakan sampel yang tersebar di 27 kabupaten/kota mengungkapkan bahwa perolehan suara setiap calon gubernur di Pilgub 2018 mendatang masih riskan. Hal ini dikarenakan mereka belum memiliki pemilih yang mantap.

Direktur Eksekutif Indocon Fajar Nursahid menyimpulkan bahwa semua kandidat tersebut hingga saat ini belum memiliki tingkat keterpilihan (elektabilitas) yang aman. Setiap calon masih memiliki peluang menang yang sama.

Diperingkat atas, ada nama Ridwan Kamil (Emil), Dedi Mulyadi, dan Deddy Mizwar. Namun, walaupun ada di peringkat teratas ketiganya belum memiliki pemilih loyal yang banyak yakni masih di angka 15 persen.

“Seharusnya, jumlah strong voters yang cukup aman di angka 40 persen ke atas,” ujar Fajar kepada seperti dikutip dari Republika pada Ahad(12/11).

Lebih jauh, Fajar menjelaskan dengan mengambil contoh Cagub Ridwan Kamil. Meski berada di peringkat teratas sebagai calon gubernur yang paling banyak dipilih responden, Emil hanya memiliki sekitar 15 persen strong voter. Fajar menilai raihan ini masih jauh untuk mengamankan posisi Emil dalam Pilgub tersebut.

“Apalagi dari hasil Pilgub Jabar 2008 dan 2013, kandidat yang elektabilitasnya tertinggi, ternyata kalah,” ujar Fajar.[]

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...