Hancurkan Rumah Warga Palestina, Israel Didemo Ribuan Orang

Foto: memo
0

PALESTINA—Ribuan orang dilaporkan telah berunjuk rasa di Tel Aviv pada Sabtu (4/2/2017) malam. Mereka memprotes penghancuran rumah yang menargetkan warga Palestina. Para demonstran menyerukan kampanye pembongkaran oleh Israel sebagai tindakan “rasis” dan “hasutan” terhadap warga Palestina, Memo melaporkan pada Ahad (5/2/2017).

Para pengunjuk rasa mendesak Menteri Keamanan Publik Israel Gilad Erdan mengundurkan diri karena telah “membohongi” rakyat Israel. Erdan dianggap harus bertanggung jawab atas pembunuhan yang terjadi selama serangan saat mengevakuasi masyarakat Badui dari Umm al-Hiran bulan lalu.

Yacoub Abu al-Qian, seorang guru matematika lokal di Umm al-Hiran telah ditembak mati pada 18 Januari oleh polisi sebelum pasukan keamanan Israel menghancurkan lebih dari belasan rumah di desa.

Sekitar 5.000 warga Palestina dan Yahudi bergabung pada acara pawai Sabtu malam. Mereka melakukan perjalanan dari Yerusalem untuk memprotes penghancuran dan kebijakan diskriminatif Israel terhadap warga Palestina. []