Hal Ini yang Membuat Fadli Zon Kagum dengan Muhammad Natsir

0

JAKARTA—Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon hadir membuka seminar “68 tahun Mosi Integral NKRI Mr Muhammad Natsir” di aula Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jalan Imam Bonjol No 1, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018).

Fadli menjelaskan, sosok M Natsir dikenal sebagai seorang negarawan, guru bangsa, ulama dan tokoh intelektual.

“Dirinya dipercaya untuk menduduki jabatan-jabatan penting di Republik Indonesia seperti anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP KNIP), Menteri Penerangan, Anggota DPRS dan Perdana Menteri hingga kemudian beliau ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 2008 Silam,” katanya kepada Islampos.com di Jakarta, Selasa (10/4).

Meski banyak informasi tentang M Natsir, namun kata Fadli, masih sedikit di antara kita terlebih lagi generasi muda saat ini yang mengenal sosok Natsir sebagai arsitek Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui mosi integralnya pada 3 April 1950.

“Ketika itu Natsir mengusulkan agar Republik Indonesia Serikat (RIS) yang terpecah-pecah menjadi beberapa negara bagian saat itu melebur menjadi satu ke dalam satu negara kesatuan, yaitu NKRI,” ungkapnya.

Fadli juga mengungkapkan, sosok Natsir sebagai orang yang konsisten, toleran, tajam, bersih, teguh pendirian dan penuh kesederhanaan.

“Tentang kesederhanaan Natsir pernah ditulis George McTurnan Kahin (Indonesianis asal Amerika) dalam sebuah buku, jelasnya.

Ia menceritakan, kisah pertemuannya itu saat Natsir masih menjabat sebagai Menteri penerangan, Fadli merasa sangat terkejut dengan paparan Natsir yang lugas tapi yang membuat Kahin betul-betul tak bisa lupa adalah penampilan Sang Menteri Natsir memakai kemeja tambalan.

“Sesuatu yang belum pernah ia lihat di antara pegawai pemerintahan manapun,” tuturnya. []

Reporter: Rhio

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline