ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Hadapi Era Globalisasi, Mensos: Santri dan Kiai Harus Melek Teknologi Informasi

foto: kanalsatu.com
0

JAMBI—Guna menghadapi tantangan era globalisasi, Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa berharap santri dan kiai harus melek teknologi informasi.

Khofifah pun berharap agar pondok pesantren mampu menyumbang lebih banyak lagi energi positif untuk bangsa.

“Tantangan Indonesia saat ini jauh lebih berat daripada tahun-tahun sebelumnya dan pondok pesantren harus bisa menjawab tantangan itu,” ujar Khofifah Saat menghadiri Milad Ke-40 Pondok Pesantren Diniyah Putri Muara Bungo di Jambi pada Sabtu (18/2/2017), seperti dilansir Antara.

Menurut Khofifah, dewasa ini teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan hampir semua kalangan masyarakat. Karena itu, banyak orang yang memanfaatkan teknologi informasi untuk berbuat kejahatan seperti perdagangan orang, prostitusi online, dan narkoba.

“Informasi yang bagus banyak, dan yang negatif pun juga banyak. Jika kiai dan ulama tidak memahami teknologi informasi bagaimana bisa berperan aktif membendung yang negatifnya,” ujarnya.

Teknologi informasi juga bisa dimanfaatkan oleh santri dan kiai untuk kepentingan dakwah Islamiah yang jangkauannya jauh lebih besar dan luas.

Dengan melek teknologi informasi, lanjut Khofifah, maka ke depan pondok pesantren bisa melahirkan SDM unggul, baik dari sisi spiritualitas maupun teknologi sehingga mampu menjawab tantangan globalisasi budaya dan ekonomi.[]

 

 

Pewarta: Riza.

loading...
loading...