islampos
Media islam generasi baru

Gus Sholah: Cagub Wajib Berani dan Teladani Sifat Rasulullah

Foto: Rilitas
0

SURABAYA–Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang KH Salahuddin Wahid berpesan kepada seluruh calon Gubernur Jawa Timur yang nantinya terpilih pada Pilkada 2018 harus meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW.

“Ada empat sifat yang dimiliki Rasulullah SAW, yaitu shiddiq, amanah, fathonah dan tabligh,” ujarnya di sela diskusi Oase Bangsa bertajuk “Menggagas Pemimpin Berkualitas” yang digelar Radio Suara Muslim di Surabaya, Rabu seperti disitat dari Antara News.

Ia merinci, seorang pemimpin wajib memiliki sifat shiddiq yang berarti benar, baik dalam perkataan maupun perbuatan, kemudian amanah atau dapat dipercaya, tabligh artinya menyampaikan, dan fathonah yaitu cerdas.

Menurut dia, jika empat sifat itu dimiliki calon pemimpin maka diyakini masyarakat akan memilih dan menjadikannya seorang pemimpin.

“Satu lagi, calon pemimpin harus berani. Ini juga penting dan harus dimiliki,” kata adik kandung mantan Presiden RI KH Abdurrachman Wahid ini.

Disinggung adakah nama di Jatim yang memiliki kriteria itu, tokoh Hak Asasi Manusia (HAM) ini optimistis di Jatim ada calon pemimpin ideal.

“Di Jatim pasti ada dan mari kita cari sama-sama,” kata tokoh Nahdlatul Ulama yang pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden RI berpasangan dengan Wiranto.

Di tempat sama, pengamat komunikasi politik asal Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo menitipkan satu pesan kepada calon pemimpin Jatim agar memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat.

“Hubungan yang baik tidak sekadar kenal, tapi harus benar-benar fokus menyelesaikan masalah. Ini yang nantinya akan menjadi pertimbangan masyarakat untuk memilih,” kata Suko. []

loading...
loading...