islampos
Media islam generasi baru

Guna Retas Komputer Israel, Hamas Lancarkan Operasi ‘Catfishing’

Foto: PIC
0

PALESTINA—Tentara Israel dilaporkan telah ditipu oleh para peretas Hamas yang mencoba untuk mengambil data rahasia Israel lewat media sosial.

Situs berita Israel 0404 menyatakan bahwa serangan “catfishing” baru telah diluncurkan oleh para peretas Hamas di Facebook. Lewat serangan ini, para peretas memancing tentara Israel ke obrolan online hingga mengungkapkan lokasi dan gerakan mereka.

Peretas Hamas diduga membuat profil media sosial palsu dan berpura-pura layaknya sahabat dan chatting-an dengan tentara Israel.

Dalam sebuah kesaksian yang dirilis oleh situs 0404, seorang tentara Israel mengatakan seorang gadis menambahkannya di Facebook dan menanyakan kepadanya tentang lokasi dan posnya.

Tahun 2016 lalu, tentara pendudukan Israel membuat keluhan bahwa Hamas telah menggunakan gambar wanita yang menarik untuk meretas telepon milik tentara Israel dan untuk berhubungan dengan perwira militer, terutama melalui Facebook.

Setelah mengirim gambar tentara, mereka menyarankan untuk mendownload aplikasi “obrolan video” yang sebenarnya merupakan virus Trojan yang memungkinkan peretas mengakses kontak dan file tentara, data GPS, foto dan pesan teks dan mengizinkan komputer Israel menginstal aplikasi tambahan di Perangkat.

Hamas bisa mengambil foto kantor dan layar komputer dan mengunggahnya ke penyimpanan ‘cloud’ tanpa sepengetahuan tentara Israel. []

loading...
loading...