islampos
Media islam generasi baru

Guna Relokasi 40 Keluarga Yahudi, Israel ‘Kuras Kocek’ 70 Juta Shekel

0

PALESTINA—PM Israel Benyamin Netanyahu dikabarkan telah memberikan mandat kepada para mentrinya, khususnya bidang keuangan pada Sabtu (19/8/2017).

Isi mandat tersebut adalah meminta para mentri untuk mengeluarkan dana tambahan 30-70 juta shekel sebagai tambahan untuk pengembangan pemukiman Yahudi baru di wilayah Emihay. Menurut laporan, pemukiman baru ini tengah dibangun Israel bagi para Yahudi Amona yang telah direlokasi, PIC melaporkan.

Surat kabar Haaretz melaporkan bahwa para menteri Israel telah melakukan pemeriksaan terhadap permintaan Netanyahu tersebut dan melakukan persetujuan. Dengan demikian Israel akan mengalokasikan dananya mendekati seperempat milyar shekel, guna merelokasi 40 keluarga Yahudi pindahan dari koloni Amona.

Sebelumnya, pengadilan tinggi Israel mengintruksikan pengosongan permukiman Amona setelah terbukti bahwa mereka menempati tanah milik Palestina secara khusus di dekat Ramallah. Maka kepolisian Israel menghancurkan seluruh bangunan di Amona pada 2 Februari lalu.

Secara resmi, juru bicara perdana menteri Netanyahu membantah berita ini, namun menurut sejumlah sumber menguatkan berita Haaretz ini.

Bahkan menurut kepala petugas Netanyahu, Yuap Haruvetz menyebutkan, Israel meminta tambahan dana terkait pembangunan permukiman baru ketika Rapat Kabinet Pekanan.

Pemerintah Israel sebelumnya telah mengalokasikan dana sekitar 160 juta shekel untuk membongkar permukiman Amona dan pendirian pemukiman baru. Sebanyak 60 juta shekel diperuntukkan bagi prasarana dan 40 juta shekel untuk ganti rugi rumah mereka yang digusur. []

loading...
loading...