ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Golkar Dukung Ridwan Kamil, Pengamat: Suara Golkar Jabar Akan Terpecah

0

JAKARTA— Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai, suara Partai Golkar di Jawa Barat (Jabar) bisa saja terpecah jika Dedi Mulyadi memutuskan untuk hengkang.

Menurutnya, perhitungan politik Golkar lebih ke bagaimana kemungkinan mereka menang, bukan proses kaderisasinya.

“Pastinya ya (suara Golkar di Jabar) tidak utuh. Kecuali kalau Dedi bukan sebagai ketua, yang biasa turun ke grass root dengan sendirinya,” ungkap siti, seperti dikutip dari Republika, pada Rabu (1/11/2017) kemarin.

Siti mengatakan, biasanya, Ketua DPD atau DPP suatu partai sudah memiliki pangsa pasar pendukungnya sendiri. Keputusan yang diambil Golkar untuk tak mengusung kadernya sendiri dianggap memang akan merugikan partai.

Siti menilai, keputusan Golkar untuk mengusung Ridwan Kamil daripada Dedi merupakan hasi perhitungan kemungkinan menang atau kalah. Bukan dari perhitungan bagaimana proses kaderisasinya.

“Bagaimana pun, dari awal namanya parpol kan istilahnya fungsi kaderisasi. Fungsi itu ujung-ujungnya adalah mempromosikan kader dalam Pemilu atau Pilkada,” ujarnya.

Meski begitu, menurut Siti, hal itu jamak dilakukan oleh partai politik. Ia mengatakan, partai politik tak akan mau mengusung seseorang apabila terdapat kemungkinan untuk kalah. Hal itu, menurutnya, juga dilakukan di level nasional oleh Golkar.[]

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...