George Weah; Presiden Baru Liberia Pernah Tiga Kali Pindah Agama?

0

LIBERIA—Mantan pemain sepak bola legendaris Afrika George Weah dilaporkan telah terpilih sebagai presiden baru Liberia pada Rabu (27/12/2017).

Weah, 51, berhasil unggul jauh dari kompetitornya, Joseph Boakai, 73 yang menjabat wakil presiden Liberia dalam 12 tahun terakhir. Kini Weah bakal menggantikan posisi Ellen Johnson Sirleaf, presiden wanita pertama Liberia yang sejak 2006 memegang kekuasaan sebagai pemimpin negara Afrika barat itu.

Mengutip Goal, sebelum terjun ke dunia politik, Weah merupakan salah satu pesepakbola terpandang di era 90-an. Ia pernah memperkuat beragam klub top Eropa seperti AS Monaco, Paris Saint-Germain, dan berpuncak saat membela Milan dengan meraih dua Scudetto. Weah juga tercatat pernah memperkuat Chelsea dan Manchester City di awal milenium.

Lantaran prestasinya yang mentereng di lapangan hijau, maka tak heran ia menjadi idola di negaranya dan membuatnya berani berkecimpung sebagai politisi. Tiga tahun setelah pensiun dari sepakbola, pemain berjuluk ‘King George’ ini maju ke pemilu presiden Liberia 2005 namun kalah dari Ellen Johnson Sirleaf. Pada pemilu 2011, ia juga pernah mencalonkan diri sebagai wakil presiden Liberia dan menjadi anggota senat pada 2014.

Mengutip sports.naija.ng, Geroge Weah adalah penyerang terhebat di era 90-an. Ia dianggap sebagai penyerang terbaik di Afrika dan Eropa, sejumlah penghargaan pun diraihnya seperti pemain terbaik di dunia versi FIFA dan meraih penghargaan bergengsi Ballon d’Or pada 1995.

Namun, Weah disebut-sebut telah tiga kali berganti keyakinan. Sebelumnya Weah memeluk agama Kristen Protestan, lalu ia sempat memeluk agama Islam. Sayangnya Weah hanya memeluk Islam selama 10 tahun. Terakhir, Weah lalu berpindah ke agama Kristen Protestan di sisa akhir karir sepakbolanya. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun