ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Gelar Seminar Anti Riba, PPALC: Mari Hijrah, Tinggalkan Riba

Kami Ingin Masyarakat Tahu Riba Itu ‘Ngeribanget’

0

PURWAKARTA—Dalam rangka syiar Islam dan memberikan edukasi tentang bahaya riba, PPALC Purwakarta menggelar Seminar Nasional ‘Kembali ke Titik Nol’ dengan menghadirkan pengusaha sekaligus pegiat anti riba Saptuari Sugiharto, bertempat di Hotel Harper Purwakarta, Ahad (19/11/2017).

Karina R Suryana dari PPALC Purwakarta selaku ketua panitia seminar nasional bertajuk “Berani Hijrah, Istimewakan Sedekah, Hidup Lebih Berkah” mengatakan, bahwa acara ini murni dalam rangka syiar Islam.

“Ini lebih ke syiar Islam, edukasi kepada masyarakat –Muslim khususnya- untuk segera berhijrah berproses meninggalkan riba,” ujarnya kepada Islampos.com di Ballroom Hotel Harper Purwakarta.

Seperti tadi dijelaskan oleh mas Saptuari, lanjut Karina, sudah jelas dosa riba itu ngeri –seperti menzinahi ibu kandung. Dan ngerinya, pada kenyataannya banyak hal yang ternyata mendekatkan kita pada ribawi. “Kami ingin masyarakat tahu riba Itu ‘Ngeribanget’.

“Meski tidak secara langsung bisa membuat kita melepaskan diri dari jerat riba, tapi setidaknya ada proses menuju ke sana –meninggalkan riba,” papar Karina. “Melalui acara inilah kami mengajak masyarakat untuk berhijrah.”

Ketika ditanya apa langkah selanjutnya agar edukasi riba ini secara berkesinambungan diberikan kepada masyarakat, Karina mengungkapkan ke depannya akan dibentuk gerakan anti riba.

“Embrio gerakan anti riba ini diawali dari PPALC, terutama dari para alumni. Insya Allah 2018 mendatang kita mulai,” ungkapnya.

Melalui gerakan anti riba ini, nantinya kita akan patungan –seperti tadi mas Saptuari jelaskan- dan membantu teman-teman yang terjerat riba untuk melunasinya dengan memberinya pinjaman tanpa bunga.

Karina sendiri mengatakan bahwa gerakan tersebut sementara waktu memang hanya untuk alumni saja. Namun, jelasnya, tidak menutup kemungkinan gerakan ini nantinya akan terbuka bagi siapapun.

“Ketika gerakan ini semakin membesar, insya Allah banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.”

Dari pantauan Islampos, ratusan warga Purwakarta sangat antusias mengikuti seminar yang digagas PPALC tersebut. Di akhir acara beberapa peserta yang tobat riba secara serempak menggunting kartu kredit miliknya, dan berikrar untuk total meninggalkan riba. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...