Ini Dia Gaya Hidup Ideal ala Rasulullah

Foto: www.tipshamilmudah.com
0

HIDUP sehat tentu menjadi hal yang senantiasa diidam-idamkan oleh setiap orang. Dengan hidup sehat tentunya banyak kegiatan positif yang dapat kita kerjakan. Untuk itu banyak dari kita menerapkan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan seperti, mengkonsumsi suplemen kesehatan, dan berolahraga.

Namun, ternyata Rasulullah SAW memiliki pola hidup sehat yang patut kita teladani. Salah satu gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW yang dapat ditiru adalah soal pola makannya.

Menurut para ahli kesehatan, pola makan serta gaya hidup Rasulullah sangatlah ideal dengan irama tubuh biologis manusia. Untuk itu tidak salah apabila rasulullah SAW dikatakan sebagai teladan bagi seluruh umat manusia. Berikut tujuh pola makan dan gaya hidup sehat yang dapat kita teladani dari Rasulullah:

Pertama, Sarapan dengan segelas air dingin yang dicampur dengan madu asli.

Ketika mengawali harinya, Rasulullah SAW meminum segelas air dingin yang dicampurkan dengan madu asli untuk menu sarapan. Dilihat dari segi medis , ternyata madu berfungsi sebagai obat yang memiliki banyak manfaat.

Khasiat madu diantaranya adalah dapat mengaktifkan usus-usus, membersihkan lambung. Tak hanya itu, madu juga dipercaya dapat menyembuhkan peradangan, sembelit dan wasir.

Kedua, Konsumsi tujuh buah kurma di waktu dhuha.

Ketika waktu pagi menjelang siang atau pada saat memasuki waktu shalat dhuha, Rasulullah SAW biasanya mengkonsumsi tujuh buah kurma matang.

Rasulullah Bersabda : “Barang siapa yang mengkonsumsi tujuh buah kurma, maka Ia akan terlindungi dari segala jenis racun.”

Ketiga, Makan siang dengan roti yang dicampur cuka dan miyak zaitun.

Rasulullah SAW mengkonsumsi roti dicampur dengan cuka dan minyak zaitun untuk menu makan siangnya. Ternyata itu bermanfaat untuk mencegah kepikunan, lemah tulang, bahkan kanker, serta dapat menjaga suhu tubuh agar tetap hangat saat musim dingin.

Keempat, Makan malam dengan sayuran atau tsarid.

Untuk menu di malam hari, Rasulullah SAW memilih untuk makan sayur–sayuran. Selain sayur-Sayuran, beliau kerap kali mengkonsumsi tsarid yakni campuran daging dan roti dicampur dengan kuah air masak dan memakan buah-buahan seperti, anggur, labu air yang merupakan buah kesukaan Rasulullah dan juga susu.Ternyata, buah labu air ini memiliki fungsi untuk mencegah penyakit gula.

Kelima, Tidak langsung tidur setelah makan.

Setelah makan biasanya Rasulullah SAW tidak langsung tidur. Biasanya, beliau melaksanakan aktivitas secara ringan. maksudnya, agar makanan yang baru saja dimakan dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Adapun aktivitas ringan yang biasa dilaksanakan oleh Rasulullah SAW adalah shalat.

Keenam, Berolahraga ringan.

Rasulullah juga menjaga kesehatannya dengan cara berolahraga. Biasanya beliau melakukan olahraga ringan seperti bermain dengan anak dan cucunya. Tidak hanya itu, beliau juga pernah lomba lari bersama istrinya Aisyah radiyallahu’anha.

Ketujuh, Tidur lebih awal dan tidak begadang.

Beliau menganjurkan kepada umatnya agar tidur lebih awal atau tidak begadang. Tujuannya adalah agar beliau bisa bangun untuk shalat tahajjud dan subuh.

Demikianlah pola hidup sehat yang dapat diteladani dari Rasulullah SAW. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila kita mengikuti hal-hal kebaikan yang sudah dilakukan oleh Rasulullah tersebut. [Nabila/Islampos]

loading...
loading...

You might also like More from author

Comments

Loading...