islampos
Media islam generasi baru

Garam Bisa Usir Makhluk Halus, Benarkah?

Foto: Islampos
0

GARAM tak hanya bisa menjadi bumbu dapur. Serbuk asin ini juga dipercaya bisa membuat beberapa hewan seperti ular dan lintah mati tak berdaya. Bahkan ada yang lebih ekstrim dalam penggunaan garam. Yaitu untuk mengusir setan.

Orangtua zaman dulu percaya jika menebarkan garam di sekeliling rumah, maka keluarganya akan terlindung dari gangguan makhluk halus. Benarkah demikian?

Dalam ajaran Islam tak ditemukan satu riwayat pun yang menyatakan bahwa Nabi SAW menaburkan garam untuk mengusir makhluk halus.

Yang sesungguhnya adalah Nabi menaburkan garam pada bagian tubuhnya yang disengat oleh kalajengking. Lalu membaca surat Al-Kafirun dan muawwidzatain hingga sakitnya hilang.

Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk melindungi diri dari gangguan syetan dengan ayat-ayat Allah SWT, bukan dengan garam. Setiap Muslim dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah. Sebab, Allah-lah pelindung yang sebenarnya.

Oleh sebab itu, jika kita ingin terhindar dari gangguan makhluk halus, perbanyaklah berdoa pada pagi dan petang. Sebab, dua waktu berdoa itu yang akan menjaga kita seharian penuh. Sebagaimana sabda Rasululullah SAW,

“Barangsiapa yang ketika sore membaca, ‘Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syaeun fil ardhi wa laa fis samaai wa huwas samii’ul ‘aliim,’ tiga kali, maka tidak akan terkena musibah secara mendadak sampai pagi, dan barangsiapa yang membacanya ketika pagi tiga kali, maka tidak akan terkena musibah secara mendadak sampai sore,” (HR. At-Tirmidzi dan selainnya, dan hadits ini derajatnya hasan sebagaimana dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi.dan dishahihkan oleh Al-Albany).

Itu salah satu hal yang bisa kita lakukan. Selain itu, menjaga rumah dari gangguan makhluk halus, jangan kita jadikan rumah sebagai sarang mereka. Yakni rumah yang nampak bagaikan kuburan. Rumah seperti itu merupakan rumah yang tidak pernah dibacakan ayat-ayat Allah di dalamnya.

Dari Abi Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kamu jadikan rumah-rumahmu seperti kuburan, sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibaca surah Al Baqarah,” (HR. Muslim).

Kesimpulannya adalah yang melindungi kita adalah Allah SWT. Karenanya jika ingin selamat, maka cara terbaik bagi seorang Muslim adalah berdoa agas selalu diberikan keselamatan. []

loading...
loading...