ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Gara-gara Tembok Meksiko, Pemerintahan AS Tutup untuk Ketiga Kalinya

0

AMERIKA SERIKAT—Pemerintah Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah memulai ‘government shutdown’ atau penutupan pemerintahan untuk sementara pada Sabtu (22/12/2018) dini hari.

Penutupan pemerintahan ini dilakukan setelah Kongres menunda kesepakatan persetujuan terkait pengeluaran atau penolakan anggaran belanja negara untuk membangun tembok perbatasan AS-Meksiko.

BACA JUGA: Muslim Amerika Minta Pemerintah Hentikan Diskriminasi

Penutupan pemerintahan ini dimulai di beberapa agensi pemerintahan pada Sabtu (22/12/2018) pekan lalu pukul 00.01 waktu setempat.

Sebelumnya pada Jumat (21/12/2018) pekan lalu, Presiden Donald Trump mengatakan bahwa dia berharap bahwa penuntupan pemerintahan yang disebabkan oleh perselisihan pendanaan dinding tersebut tak akan berlangsung lama.

“Semoga penutupan pemerintahan ini tak akan berlangsung lama,” kata Trump dalam unggahan video di akun Twitternya dikutip dari AFP.

Ini bukanlah penutupan pemerintah AS yang pertama kali terjadinya. Di bawah pemerintahan Trump, pemerintahan AS sudah pernah ditutup sebanyak tiga kali dalam setahun.

Bahkan ini adalah pertama kalinya dalam 40 tahun terakhir, pemerintahan AS ditutup tiga kali setahun.

Penutupan pemerintahan pertama terjadi pada Januari 2018 lalu. Pemerintahan AS resmi menerapkan ‘government shutdown’ usai para senator gagal mencapai kesepakatan terkait dengan dana operasional pemerintah.

BACA JUGA: Cuitan Donald Trump Nyaris Ciptakan Perang AS-Korea Utara

Sedangkan penutupan pemerintahan AS yang kedua terjadi pada bulan Februari 2018 lalu.

Pemerintahan AS lagi-lagi harus tutup setelah seorang politikus konservatif di Senat sengaja menunda langkah Kongres menyepakati anggaran sementara, Kamis malam waktu setempat (9/2/2018). []

SUMBER: CNN

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Comments
Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend