Federasi Jurnalis Arab Seret Israel ke Pengadilan Inernasional

0

MESIR— Federasi Umum Jurnalis Arab segera menyeret Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional. Pasalnya, tentara Israel telah mengancam para jurnalis Palestina bahkan telah jatuh korban jiwa, WAFA melaporkan pada Kamis (12/4/2018).

Pada Jumat (6/4/2018) pekan lalu, pasukan Israel bahkan sempat menewaskan seorang juru kamera bernama Yasser Murtaja dari media lokal Palestina setelah tertembak di bagian perut bersama sembilan warga sipil lainnya dalam sebuah demonstrasi.

Dalam rilis resminya, federasi berkata setelah pertemuan luar biasa di markas mereka di Kairo, Mesir, maka diputuskan untuk menempuh jalur hukum dengan menunjuk tim pengacara yang akan membawa Israel ke pengadilan internasional.

Hasil pertemuan itu juga mendesak agar PBB segera melakukan penyelidikan kejahatan Israel terhadap jurnalis Palestina. Uni Eropa pun dimintai ketegasannya untuk memberi perlindungan khusus terhadap para jurnalis.

Federasi juga memutuskan akan mengeluarkan laporan tahunan tentang kebebasan pers tahun 2017 di Palestina sebagai bentuk dukungan terhadap para wartawan Palestina.

“Kami akan berkoordinasi dengan Federasi Jurnalis Internasional dalam waktu dekat untuk menyusun langkah-langkah melindungi wartawan Palestina,” tulis rilis resmi federasi. []

SUMBER: WAFA

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline