ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Sikapi Veto AS, Ini Kata Fahri Hamzah Soal Peluang Indonesia di PBB

0

JAKARTA – Selasa (19/12/2017), Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan Indonesia punya peluang untuk terlibat lebih dalam reformasi PBB.

Fahri menyebut veto yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) terhadap darft resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa soal status Yerusalem semakin gamblang menunjukkan bahwa kekuatan di PBB itu tidak seimbang. Disitulah peluang Indonesia untuk melakukan perubahan.

“Disini saya selalu mengatakan, ada peluang bagi Indonesia untuk terlibat secara lebih, dalam melakukan reformasi terhadap keanggotaan PBB, khususnya Dewan Keamanan (DK),” kata Fahri lewat voicemail seperti dikutip dari Breaking News, Selasa (19/12/2017).

Lebih jauh, Fahri menyebut Indonesia dan Turki bisa jadi alternatif dalam pengajuan proposal negara-negara baru yang jadi anggota Dewan Keamanan (DK) PBB.

Seharusnya, menurut politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, status Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia dapat membuatnya masuki dalam jajaran anggota tetap DK PBB. Dengan demikian Indonesia dapat menjadi wakil dunia untuk menyuarakan Islam di PBB.

“Tapi, pertanyaannya adalah apakah Indonesia siap berteriak sekeras itu. Itu yang kita harapkan,” ucapnya.

Indonesia, lanjut Fahri, harus lebih berani berteriak menyuarakan ketidakadilan global yang sekarang ini menyebabkan konflik di seluruh dunia. Peluang ini harus ditangkap, daripada terus melakukan diplomasi kecil-kecilan yang tidak akan merubah wajah dunia.

“Lebih baik kita melakukan suatu diplomasi lompatan yang menyebabkan Indonesia punya peran yang besar dihari-hari mendatang. Itu yang saya bilang, sesuai dengan besarnya bangsa Indonesia, besarnya penduduk yang diwakilinya dan besarnya harapan dunia kepada kita,” Tegas Fahri. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...