islampos
Media islam generasi baru

Erdogan Serukan Warga Turki di Eropa Minimal Punya 5 Anak

foto: dailytimes
0

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan warga Turki yang berada di Eropa untuk memiliki setidaknya lima anak. Seruan ini dikeluarkan Erdogan dalam upaya untuk memperbanyak kehadiran mereka di benua itu di tengah meningkatnya ketegangan antara Uni Eropa dan Ankara. Demikian lapor Press TV.

Erdogan, ayah dari empat, membuat pernyataan tersebut saat aksi unjuk rasa di Eskisehir, ibukota provinsi barat Eskisehir, Jumat (17/3/2017). Empat tahun lalu, ia juga menyerukan perempuan Turki agar memiliki setidaknya tiga anak untuk membantu meningkatkan populasi. Erdogan bahkan sempat mengatakan bahwa memiliki satu atau dua anak merupakan “kebangkrutan” bagi Turki.

“Tempat di mana Anda tinggal dan bekerja sekarang adalah tanah air Anda yang baru. Bukalah banyak bisnis, daftarkan anak-anak Anda ke sekolah yang paling baik, wujudkan keluarga Anda tinggal di lingkungan yang lebih baik, miliki mobil terbaik, tinggal di rumah-rumah yang paling indah. Itu semua karena Anda adalah masa depan Eropa,” ujar Erdogan saat membahas diaspora Turki.

“Ini akan menjadi jawaban terbaik untuk perkataan kasar, antagonisme, dan ketidakadilan yang dilakukan terhadap Anda,” Erdogan menambahkan, mengacu pada larangan unjuk rasa yang dikenakan oleh Belanda dan Jerman. Sebelumnya, ia menggambarkan pemerintah Belanda sebagai “fasis” dan “sisa-sisa Nazi” serta menuduh pemerintah Jerman melakukan praktik Nazi.

Erdogan membuat pernyataan tersebut hanya sehari setelah pemerintahnya mengancam akan membatalkan perjanjian pengungsi dengan Uni Eropa. Perjanjian itu ditandatangani Maret 2016 lalu dan dimaksudkan untuk membendung aliran pengungsi ke Eropa.[fq/islampos]

loading...
loading...