Erdogan Desak Pembentukan Landasan Baru bagi Perdamaian Dunia

0

ANKARA—Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak pembentukan landasan baru untuk perdamaian dunia, agar negara-negara tidak lagi dibom secara acak.

“Mari kita bentuk dasar baru untuk perdamaian di dunia dan tidak membiarkan negara-negara ini dibom secara acak, tidak membiarkan jatuhnya bom barel,” kata Recep Tayyip Erdogan di Istanbul, Senin (16/4/2018).

Pada kesempatan itu, Erdogan juga mengkritik serangan udara yang dipimpin Amerika Serikat (AS) di Suriah menyusul dugaan penggunaan senjata kimia oleh rezim Assad.  Dia mengatakan bahwa senjata konvensional telah membunuh lebih banyak warga sipil di negara itu.

“Mereka datang dan mengatakan ‘senjata kimia’ lalu melakukan serangan … [mereka mengatakan] ‘Kami melakukan serangan atas penggunaan senjata kimia’,” kata Erdogan.

Ia menegaskan, bahwa jatuhnya korban di Suriah bukan hanya oleh senjata kimia, melainkan juga oleh senjata konvensional yang lebih banyak memakan korban.

“Saya katakan, mengapa Anda hanya melihat senjata kimia? Mengapa Anda tidak melihat senjata konvensional? Jika satu orang tewas karena senjata kimia, 10 orang tewas karena senjata konvensional.”

Diketahui, AS, Inggris dan Prancis meluncurkan serangan udara ke fasilitas senjata kimia rezim Assad di Suriah, Sabtu (14/4/2018) dengan dalih dugaan adanya penggunaan senjata kimia di kota Douma, Ghouta yang menewaskan 78 warga sipil dan melukai ratusan orang lainnya.

Selain menyoal  serangan sekutu dan penggunaan senjata, Erdogan juga mengkritik “kekuatan imperialis”  yang memilih jalan ‘damai dengan meluncurkan serangan namun enggan menerima pengungsi Suriah, sementara Turki telah menampung sekitar 3,5 juta warga Suriah. []

SUMBER: ANADOULU

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline