ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Engkau Lebih Baik Meninggalkan Ahli Warismu dalam Keadaan Berkecukupan, daripada

0

Advertisements

DIRIWAYATKAN dari Sa’d bin Abi Waqqash ra. : pada tahun Haji penghabisan (wada’) Nabi Muhammad Saw, aku mengalami sakit parah dan Nabi Muhammad Saw mengunjungiku seraya mendoakan kesehatanku.

Aku berkata kepada Nabi Muhammad Saw, “aku lemah karena sakitku yang parah ini padahal aku kaya dan aku tidak punya ahli waris kecuali seorang anak perempuan. Haruskah aku menyedekahkan 2/3 kekayaanku?”

Nabi Muhammad Saw bersabda, “Tidak”. Aku berkata, “Setengah?” Nabi Muhammad Saw bersabda, “Tidak”.

BACA JUGA: Ini Hikmah Pembagian Warisan untuk Wanita

Kemudian Nabi Muhammad Saw bersabda, “1/3. bahkan 1/3 telah cukup banyak. Lebih baik kamu meninggalkan ahli warismu dalam keadaan berkecukupan daripada meninggalkan mereka dalam keadaan miskin, mengemis kepada orang lain. Kau akan memperoleh pahala dari sedekah yang dikeluarkan dengan niat karena Allah, bahkan untuk yang kau suapkan dalam mulut istrimu”.

Aku berkata, “Ya Rasulullah, apakah aku akan sendirian ketika para sahabatku telah pergi?”

BACA JUGA: Benarkah Gelar Haji Warisan Belanda?

Nabi Muhammad Saw bersabda, “Jika kamu ditinggalkan, apapun yang kau kerjakan akan mengangkatmu ke tempat yang tinggi. Dan mungkin saja kau akan berumur panjang hingga (datang suatu saat ketika) sebagian orang mengambil keuntungan darimu dan sebagian yang lain mengambil kemudaratan darimu. Ya Allah, lengkapkan hijrah para sahabatku dan jangan biarkan mereka berpaling”.

Dan Rasulullah Saw merasa sedih dengan meninggalnya Sa’d bin Khaulah yang miskin di Makkah. (sedangkan sepeninggal Nabi Muhammad Saw, Sa’d bin Abi Waqqash hidup dengan umur yang panjang). []

Artikel Terkait :

Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend