ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Efek Buruk Jika Konsumsi Vitamin C Secara Berlebihan

0

Advertisements

VITAMIN C adalah vitamin yang larut di dalam air. Salah satu manfaatnya yakni untuk membantu tubuh menyerap zat besi. Selain itu, vitamin C membantu melindungi sel-sel tubuh, membantu penyembuhan luka, dan membantu pembentukan jaringan ikat.

Meski banyak sekali manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh, terlalu banyak mengonsumsi vitamin C (overdosis vitamin C) juga dapat mendatangkan penyakit.

BACA JUGA: Efek Sinar Matahari Siang bagi Kesehatan

Dosis vitamin C yang direkomendasikan untuk dikonsumsi orang dewasa adalah 65-90 miligram per hari. Jika mengonsumi melebihi jumlah tersebut, maka tidak ada manfaat lebih yang akan didapatkan tubuh. Hal ini justru dapat menimbulkan berbagai efek samping.

Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan jika mengonsumsi suplemen vitamin C dalam kadar yang terlalu tinggi (vitamin C megadosis):

-Diare
-Muntah
-Mual
-Nyeri ulu hati
-Kram dan sakit perut
-Insomnia
-Batu ginjal
-Sakit kepala

Biasanya, beberapa efek samping yang terjadi di atas akan mereda segera setelah kita menghentikan mengonsumsi vitamin C.

BACA JUGA: Dianjurkan Alquran, 4 Makanan Ini Menyehatkan

Perlu juga diperhatikan, sejumlah penelitian menemukan bahwa konsumsi suplemen vitamin C terlalu banyak di masa kehamilan itu tidak baik. Hal ini disebut dapat menyebabkan sakit perut dan meningkatkan risiko mengalami kelahiran prematur. []

SUMBER: ALODOKTER

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline