ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Dzikir yang Jadi Tanaman di Surga

0

Advertisements

DALAM Alquran ada begitu banyak ayat yang memerintahkan kita untuk memperbanyak dzikir. Dan penjelasan tentang keutamaannya juga ada di banyak ayat Alquran dan hadits Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

Bahkan di dalam QS. 33:35 yang berisikan ciri-ciri orang-orang yang akan mendapat ampunan dan pahala yang besar dimulai dari laki-laki dan perempuan yang muslim, mukmin, taat, jujur, sabar, khusyu, bersedekah, berpuasa, menjaga kehormatannya hingga akhirnya puncak kriterianya adalah orang yang banyak mengingat Allah.

baca juga: Yang Harus Diperhatikan ketika Berdzikir

Dzikir, istighfar, muhasabah adalah nutrisi yang penting bagi hati manusia. Ini adalah sarana tazkiyatun nafs (penyucian jiwa).

Ada bacaan dzikir yang ringan yang menjadi tanaman di surga. Dzikir seperti apakah itu?

وَعَنْ جَابِرٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( مَنْ قَالَ : سُبْحَانَ اللهِ وَبِحمْدِهِ ، غُرِسَتْ لَهُ نَخْلَةٌ فِي الجَنَّةِ )) . رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ )).

BACA JUGA: Ketika Orang yang Penuh Dosa Hadir dalam Majelis Dzikir

Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan, ‘SUBHANALLOH WA BIHAMDIH’ (Mahasuci Allah dan dengan memuji-Nya), maka ditanamkan untuknya satu pohon kurman di surga.” (HR. Tirmidzi, ia mengatakan bahwa hadits ini hasan) [HR. Tirmidzi, no. 3464. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilaly menyatakan bahwa hadits ini shahih dengan syawahidnya, yaitu penguatnya].

Wallahu A’lam. []

SUMBER: RUMAYSHO

 

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline