ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Dukung Muslim Rohingya, Ratusan Muslimah Gelar Aksi di Depan Kedubes Myanmar

Foto:AnadoluAgency
0

JAKARTA–Lebih dari 500 wanita yang berasal dari puluhan majelis taklim di Jakarta menyuarakan kepeduliannya terhadap tindak kejahatan yang terjadi di Rakhine, Myanmar.

Ratusan wanita yang bergabung dalam Sahabat Muslim Rohingya mengemukakan sikapnya di depan kantor Kedutaan Besar Myanmar di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat.

“Penyiksaan, pengusiran dan pembunuhan yang dialami saudara-saudara kami sesama muslim di Myanmar sudah jauh di luar batas kemanusiaan. Harus ada solusi yang dilakukan yang berasal dari dunia internasional, yang bisa melawan kekuatan militer Myanmar,” ujar koordinator aksi Endryan.

“Kami ibu-ibu memang tidak punya kekuatan. Tapi sebagai kaum muslim, kami meminta pemimpin-pemimpin muslim dari seluruh negara muslim termasuk Presiden Jokowi untuk melakukan tindakan,” katanya.

Kelompok Sahabat Muslim Rohingya ini menilai bahwa posisi Myanmar sebagai anggota ASEAN, membuat negara yang dipimpin Aung San Suu Kyi ini tidak begitu saja mudah diintervensi oleh negara ASEAN lainnya.

“Aturannya memang tidak boleh mencampuri masalah negara lain, tapi kami negara-negara lain yang ada di ASEAN ini punya kekuatan militer yang bisa digunakan untuk menolong,” sebut Endryan.

Direktur Amnesy International Usman Hamid, menyebut Indonesia merupakan satu-satunya negara yang bisa berkomunikasi baik dengan penguasa militer Myanmar.

“Kedekatan hubungan itu, sebaiknya dimanfaatkan untuk berdiplomasi menghentikan kejahatan HAM pada komunitas Rohingya,” ujar Usman, Minggu, kepada Anadolu Agen

cy.

Amnesty Internasional pada 2016 mencatat bahwa militer Myanmar telah menangkap pemuda, memperkosa membunuh warga sipil dan membakar tempat tinggal serta harta benda warga Rohingya.

Kekerasan ini, kata Usman, menjadi tantangan negara-negara ASEAN mau bersikap tegas atas kasus kejahatan kemanusiaan dan tidak menganggap persoalan seperti konflik di Myanmar sebagai urusan internal tiap negara.[]

 

 

loading...
loading...