ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Dubes AS: Trump Percaya Perdamaian di Timur Tengah Mungkin bisa Terwujud

Foto: National Review
0

YORDANIA—Utusan Presiden AS Donald Trump dilaporkan telah mengatakan bahwa perdamaian di Timur Tengah mungkin bisa terwujud. Dan sebagai langkah awal, kesepakatan perdamaian Israel-Palestina bisa segera terjadi dan akan “bergema positif ke seluruh dunia.” Keterangan ini disampaikan perwakilan AS kepada para pejabat KTT Arab yang berlangsung di Yordania, Arabnews melaporkan pada Kamis (30/3/2017).

“Kami percaya perdamaian Timur Tengah akan terwujud dengan tetap berfokus pada solusi untuk memecahkan berbagai masalah yang ada.  Meski demikian, kesepakatan tak dapat dipaksakan,” ungkap Pejabat Kedutaan Besar AS di Yordania, Jason Greenblatt mengatakan pada Rabu (29/3/2017).

Di sela-sela KTT, Greenblatt mengadakan pembicaraan dengan para menteri luar negeri Yordania, Mesir dan Qatar, serta Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Sementara itu, kabinet menteri senior Israel mengatakan bahwa terlalu menekankan pada konflik Israel-Palestina mencerminkan “Banyaknya tantangan yang dihadapi oleh dunia Arab.”

Menteri Intelijen Israel Katz mengatakan masalah Palestina tidak boleh diabaikan. Namun dia mengatakan dunia Arab tidak boleh melupakan “Masalah regional yang ada,” termasuk Iran, ISIS dan krisis di Suriah, Irak, Yaman dan Libya.

Katz mengatakan bahwa bekerjasama dalam menanggulangi ancaman ini, dan tetap berupaya untuk memulihkan kondisi Palestina, dapat menjad syarat dasar terjadinya sebuah kemajuan. []

loading...
loading...