ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Dubes AS di PBB: Iran dan Sekutunya Harus Pergi dari Suriah!

Foto: Alarabiya
0

AS—Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley dikabarkan telah mendukung pembicaraan damai Suriah yang dipimpin PBB, Arabnews melaporkan pada Kamis (9/3/2017).

“Suriah tidak bisa lagi menjadi persembunyian bagi kelompok bersenjata dan sangat penting jika Iran dan sekutunya pergi dari Suriah,” ungkap Haley.

Haley berbicara kepada wartawan setelah mediator perdamaian Suriah di PBB, Staffan de Mistura memberi pengarahan kepada Dewan Keamanan PBB. Mistura berbicara pada rapat tertutup selama 10 hari antara pihak-pihak yang bertikai di Jenewa, yang berakhir pekan lalu.

Namun Mistura tidak menanggapi pertanyaan tentang apakah AS ingin Presiden Suriah Bashar Assad, yang didukung oleh Rusia dan Iran harus mundur atau tidak.

Publik tertarik pada rencana Washington yang berencana akan mengakhiri konflik selama enam tahun di Suriah. Mengingat janji oleh Presiden Donald Trump untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan Rusia, terutama dalam memerangi kelompok bersenjata.

“AS benar-benar mendukung Staffan de Mistura dan semua upaya yang telah ia lakukan. Kami mendukung proses oleh PBB dan mendukung perundingan di Jenewa. Kami ingin melihat mereka terus berupaya menghentikan konflik di Suriah,” demikian Haley. []

loading...
loading...