ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Dua Salat yang Boleh Diakhirkan

0

BANYAK sekali orang yang selalu mengakhirkan salatnya demi kepentingan yang lain. Padahal salat itu suatu kewajiban yang tidak boleh di tunda, dan harus dilaksanakannya tepat waktu.

BACA JUGA: Jangan Tunda Shalat, Karena Maut Tak Menunggu Kesiapanmu

“Yang afdal adalah mendahulukan salat pada awal waktu kecuali salat Isya selama tidak memberatkan dan salat dzuhur ketika cuaca begitu panas. Nabi shalallahu ‘alaihi Wa salam bersabda, ‘Apabila cuaca sangat panas, akhirkanlah salat dzuhur sampai waktu dingin karena panas yang sangat merupakan hawa panas neraka Jahanam.”

Nah, dalam hadis ini dijelaskan ada dua salat yang boleh kita akhirkan. Tetapi dengan alasan tertentu, jika kita melakukannya karena malas itu tidak masuk hitungan. Dua salat yang boleh diakhirkan yaitu salat dzuhur dan isya.

Meskipun kita boleh melaksanakan salat akhir waktu, tetapi kita tidak boleh melaksanakan itu dengan sengaja. Tetap yang lebih afdal itu adalah salat tepat waktu.

BACA JUGA: Mengakhirkan Shalat Isya, Bagaimana?

Dalam hal ini, Rasulullah juga pernah melaksanakan salat di akhir waktu. Tetapi dengan sebab dan alasan tertentu. Beliau melaksanakan salat di sepertiga malam. []

SUMBER : RUMAYSHO

 

 

 

 

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Comments
Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend