ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Dua Musim Tak Turun Hujan, Tiga Juta Warga Kenya Alami Krisis Pangan

Foto: AgroNigeria
0

NAIROBI – Jumlah warga Kenya yang membutuhkan bantuan pangan darurat meningkat dua kali lipat dalam tiga bulan terakhir menjadi tiga juta orang. Demikian dilansir oleh Palang Merah, Selasa  (28/3/2017). Demikian lapor Press TV.

Kenya merupakan salah satu dari beberapa negara Afrika Timur yang menderita krisis pangan, bersama dengan Ethiopia; Sudan Selatan, dan Somalia. Di negara-negara tersebut, kelaparan sudah dinyatakan sudah sangat kritis dalam 25 tahun terakhir.

Seperti banyak negara tetangganya, kelaparan Kenya disebabkan dua musim yang kering dan tiadanya hujan. Harga pangan yang melonjak juga mendorong inflasi ke posisi tertinggi pada Februari lalu.

“Situasi ini semakin parah setiap hari. Malnutrisi di antara anak-anak terus naik. Anak-anak sakit, dan mata pencaharian keluarga tak menentu setelah mereka kehilangan ribuan ternak,” terang Dr Abbas Gullet, sekretaris jenderal Palang Merah Kenya.

“Ditambah lagi warga kesulitan untuk mengakses air. Mereka harus melakukan perjalanan sampai tiga kali lebih lama hanya untuk mendapatkan air bagi keluarga mereka.”

Menurut Palang Merah, jumlah warga Kenya yang kelaparan diperkirakan meningkat menjadi empat juta orang dalam beberapa minggu mendatang.

Lebih dari 340.000 anak di bawah usia lima tahun juga kekurangan gizi akut.

“Kami kehabisan kata-kata untuk menggambarkan situasi di Kenya yang terkena dampak bencana ini,” kata Fatoumata Nafo-Traore, direktur regional Federasi Internasional Palang Merah untuk Afrika.  [fq/islampos]

loading...
loading...