Dorong Emansipasi, Arab Saudi Bentuk Dewan Pemberdayaan Perempuan

Pangeran Faisal bin Mishal bin Saud resmikan Dewan Pemberdayaan Perempuan Qassim. Foto: MSN
0

AL QASSIM–Gubernur Qassim Pangeran Faisal bin Mishal bin Saud telah membentuk Dewan khusus Pemberdayaan Perempuan pada Sabtu (11/3/2017) di Provinsi Al-Qassim. Dewan itu diketuai oleh Istri Pangeran Faisal, Putri Abir binti Salman.

Pangeran Faisal mengatakan, dirinya bangga pada Dewan itu, karena menjadi yang pertama di Saudi dan diharapkan mampu mendorong perempuan di Provinsi Qassim agar aktif terlibat dalam kehidupan publik.

“Di wilayah Qassim, kita melihat perempuan sebagai saudara laki-laki, dan kami merasa bertanggung jawab untuk membuka lebih banyak kesempatan bekerja bagi perempuan dan gadis,” kata Pangeran Faisal.

Meskipun Dewan tersebut mengatasnamakan perempuan, namun saat peluncuran perdananya tidak ada satupun perempuan yang tampil di atas panggung.

Justru pertemuan itu didominasi sebanyak 13 orang laki-laki, di antaranya adalah Pangeran Faisal bin Mishal bin Saud.

Para perempuan tampak di ruangan lain, dihubungkan melalui video agar bisa ikut menyaksikan peresmian Dewan Pemberdayaan Perempuan di Qassim oleh Pangeran Faisal.

BACA JUGA:
Donald Trump Bertemu dengan Pangeran Arab Saudi
Ribut-ribut soal Pedang Emas Hadiah Arab Saudi, Ini Penjelasan Menlu
Pangeran Arab Saudi Sumbang Karpet Persia untuk Mushola Mal di Bali

Foto peresmian tersebut menjadi viral di media sosial, karena dianggap serupa dengan foto Presiden AS Donald Trump yang dikelilingi laki-laki, saat menandatangani kebijakan aborsi pada Januari lalu.

Foto: MSN

Seperti dilaporkan MSN, Selasa (14/3/2017), Arab Saudi lewat aturannya yang ketat dalam melibatkan perempuan dalam kehidupan publik .

Namun, saat ini Arab Saudi akan melonggarkan beberapa peraturannya tentang keterlibatan perempuan dalam kehidupan publik sebagai bagian dari program Visi 2030-nya.

“Tujuannya termasuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja dari 22 persen menjadi 30 persen,” pungkas Pangeran Faisal dalam sambutannya. []

loading...
loading...