Dokter Muda Ini Jadi Calon Gubernur Muslim Pertama di Amerika

Foto: Salamerica
0

AMERIKA—Abdul El-Sayed, dokter berusia 32 tahun sekaligus aktivis kesehatan masyarakat ini, menjadi calon gubernur Muslim pertama di Amerika. Abdul sendiri telah mendeklarasikan pencalonannya sebagai Gubernur Michigan.

Abdul El-Sayed lulus dari Michigan Medical School dengan gelar dokter kehormatan. Tak hanya itu, ia menerima gelar master dari Columbia University bahkan sebelum menerima gelar doktor di bidang kesehatan masyarakat di Universitas Oxford.

Namun pencalonan dirinya sebagai Gubernur di Michigan, menghadapi kesulitan terutama soal penggalangan dukungan. Ini karena adanya peningkatan isu islamofobia dalam beberapa tahun terakhir di negeri paman sam tersebut.

Lahir pada tahun 1985 di Michigan Gratiot County, Abdul EL-Sayed merupakan imigran keturunan Mesir. Dokter muda ini dikenal atas prestasi dan dedikasinya sebagai pegiat kesehatan di Detroit.

El-Sayed diangkat oleh Walikota Detroit Mike Duggan sebagai Petugas Kesehatan dan Direktur Eksekutif Departemen Kesehatan Detroit pada tahun 2015, ia menjadi komisaris kesehatan termuda di AS.

“Saya mencalonkan diri dalam pemilihan Gubernur Michigan, karena saya percaya mampu menjadi pemimpin terbaik untuk Negara Bagian Michigan. Keyakinan saya terhadap Islam memperkuat saya dalam pencalonan ini, dan bagi banyak orang  di Amerika khususnya Michigan,“ ujarEl-Sayed, seperti dilansir dari salamerica.

El-sayyed menekankan, bahwa nilai-nilai Islam selalu ia pegang di dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai pegawai negeri sipil. Ia menegaskan bahwa prioritas nomor satu dirinya adalah melayani masyarakat Michigan.

Selain menjadi calon gubernur Muslim pertama, El-Sayed bisa menjadi pejabat termuda semenjak mantan Presiden AS Bill Clinton yang terpilih sebagai gubernur paling muda pada tahun 1978. []

 

Pewarta: Ari Cahya.

loading...
loading...