ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ditolak Masuk AS, 2 Warga Irak Lakukan Gugatan di Pengadilan

0

NEW YORK – Pengacara pro-imigrasi di kota New York City Sabtu kemarin (28/1/2017) menggugat arangan perjalanan yang diberlakukan oleh Presiden Donald Trump setelah dua warga Irak ditahan di Bandara Internasional John F. Kennedy dan ditolak masuk ke negara itu walaupun memiliki visa hukum.

Tim hukum dari beberapa kelompok imigrasi mengajukan gugatan perdata di pengadilan federal Brooklyn, menurut laporan media, tidak lama adanya perintah eksekutif Presiden Trump membatasi aliran pengungsi ke AS yang diberlakukan Jumat lalu.

Salah seorang warga Irak, yang disebutkan dalam gugatan itu sebagai Hameed Khalid Darweesh, diberikan visa imigran khusus setelah bekerja untuk tentara AS selama 10 tahun di Irak.

Individu lain, Haider Sameer Abdulkaleq Alshawi, menerima visa awal bulan ini untuk bergabung dengan istrinya di AS, yang bekerja untuk kontraktor keamanan AS.

Masih belum jelas Sabtu pagi kemarin berapa banyak orang dijadwalkan tiba di AS dipengaruhi oleh larangan itu, lapor Anadolu Agency.

Trump sendiri enandatangani tindakan eksekutif Rabu lalu untuk mendeportasi imigran gelap yang terlibat dalam kegiatan kriminal, dan hari Jumatnya membatasi arus pengungsi ke AS untuk mencegah masuknya “teroris Islam radikal”.[fq/islampos]

loading...
loading...