Ditjen Peradilan Agama Salurkan Dana Iwadh ke BAZNAS

0

JAKARTA—Direktorat Jenderal Badan Pengadilan Agama (Ditjen Badilag) Mahkamah Agung (MA), secara resmi menyalurkan dana iwadh kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Penandatangan Nota Kesepahaman tentang Penghimpunan Dana Iwadh ditandatangani Dirjen Badilag MA, Dr. H. Abdul Manaf, MH dan Deputi BAZNAS, Arifin Purwakananta, di Gedung Sekretariat MA, Jakarta, pekan lalu.

“Dulu pada saat saya masih di daerah, uang iwadh itu disetorkan ke Badan Kesejahteraan Masjid. Sebelumnya juga, uang-uang iwadh ini telah kita pergunakan untuk lingkungan sekitar yang membutuhkan bantuan supaya bermanfaat dan bukan untuk maksiat atau berfoya-foya,” ujar Abdul Manaf kepada Islampos.com di Jakarta, Senin (9/4/2018).

Dia menuturkan, untuk mengoptimalkan kepada para pelaksana agar setiap menyampaikan laporan bulanan yang berkaitan dengan perkara dan menyisihkan juga laporan pengiriman panggilan.

Ia juga akan menginformasikan ke petugas daerah bahwa mulai sekarang ini pengelolaan uang iwadh penyeteronnya nanti sudah tersedia nomor rekeningnya.

BAZNAS mendorong Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MA untuk ikut ambil bagian menjadi relawan BAZNAS dalam menyelesaikan permasalahan umat yang ada di lingkungan sekitar.

Iwadh adalah dana yang diakibatkan karena proses perceraian. BAZNAS menduga, di antara berbagai kasus penceraian itu terdapat permasalahan ekonomi. Sehingga BAZNAS telah merencanakan dana yang akan dihimpun dari dana iwadh sebagian juga akan dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi umat. []

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline