ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Direktur CIA Diam-diam Temui Presiden Palestina, Ada Apa?

Foto: Press TV
0

Ramallah—Mike Pompeo, Direktur CIA, badan intelijen Amerika, diam-diam menemui Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah, Tepi Barat, Selasa (14/2/2017) malam waktu setempat.

Pertemuan itu berlangsung beberapa jam sebelum pertemuan antara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Donald Trump yang digelar di Gedung Putih.

Pejabat Palestina yang menolak disebutkan namanya, mengatakan bahwa Abbas memberi informasi kepada Pompeo tentang posisi Palestina dalam konflik Palestina-Israel, demikian lansir AP, Kamis (16/2/2017).

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh kepala badan intelijen Palestina Majid Faraj, dan pemimpin perundingan Saeb Erekat, Pompeo menegaskan bahwa solusi dua negara bagi Israel-Palestina tetap menjadi dasar kebijakan AS di wilayah tersebut.

Di lain pihak Pemimpin Palestina sangat khawatir terhadap pemerintahan Trump yang dinilai sangat mendukung Israel.

Hal ini dipicu oleh pernyataan Gedung Putih baru-baru ini yang menegaskan bahwa solusi dua  negara—dasar diplomasi Amerika Serikat selama dua dekade—tidak lagi menjadi satu-satunya opsi mengatasi konflik.

“Saya berupaya adanya dua negara, satu negara, terserah kepada masih-masing pihak,” ujar Trump dalam konferensi bersama Netanyahu di  Gedung Putih pada Rabu waktu setempat.

Sementara Palestina sendiri menginginkan diakuinya sebuah negara di Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem Timur, wilayah yang dianeksasi oleh Israel dalam Perang Enam Hari pada 1967.

Dukungan terhadap solusi dua negara ini disuarakan oleh dunia internasional dalam konferensi Paris bulan lalu, sebelum pelantikan Trump.

Namun Netanyahu yang ditekan kubu ultranasionalis pendukungnya, mulai menyurakan kemungkinan satu negara, yakni Israel, tanpa Palestina.

Adapun Trump yang sejak kampany sangat mendukung Israel, bahkan sempat melontarkan pernyataan kontroversial yang akan memindahkan kantor kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem, calon ibu kota negara Palestina. []

loading...
loading...