ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Dinilai Langgar Aturan, 2 Stasiun TV Ini Diberi Peringatan KPI

Foto: Akun Twitter KPI
0

JAKARTA–Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengeluarkan surat peringatan secara resmi ke publik melalui laman resmi Kpi.go.id, pada selasa (07/02/17).

Hal ini terkait pada dua program siaran stasiun televisi yang dinilai menyalahi Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

Dilansir Pikiran Rakyat, dua stasiun televisi yang mendapat surat peringatan yaitu RCTI dan Trans TV.

“Berdasarkan pemantauan, aduan masyarakat, dan hasil analisis, KPI pusat menilai program siaran ‘Bioskop TransTV: The Punisher’ melanggar ketentuan yang ada dalam P3SPS,” tulis KPI dalam akun Twitternya, @KPI_Pusat.

“Muatan tersebut ditayangkan mulai pukul 19.29 WIB. Seharusnya ditayangkan pada jam tayang dewasa yaitu 22.00-03.00 WIB. Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan. Kedepannya, diharapkan agar TransTV senantiasa menjadikan P3SPS KPI tahun 2012 sebagai acuan dalam penayangan sebuah program siaran,” tulis KPI dalam akun Twitter nya.

Sedangkan Peringatan yang diberikan KPI terhadap stasiun televisi RCTI terkait program siaran ‘One Championship’ RCTI yang ditayangkan pada 14 Januari 2017 pukul 23.13 WIB.

Mereka menilai, muatan tersebut tidak dapat ditayangkan karena menimbulkan kengerian bagi khalayak yang menonton. Dengan adegan kekerasan seperti pemukulan, penggunaan senjata tajam, serta tubuh dalam kondisi berdarah-darah.

“Diharapkan kepada pihak terkait untuk selalu mengikuti aturan P3SPS KPI,” tutup akun tersebut. [Nabila/Islampos]

loading...
loading...