ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Di Waktu Ini, Allah Panggil Kita, Kapan Saja Itu?

Foto: Salam Stock
0

WAKTU merupakan hal yang paling berharga dalam hidup kita. Mengapa? Sebab, ketika waktu telah berlalu, kita tak bisa memutarnya kembali. Yang ada hanyalah penyesalan di waktu mendatang karena kelalaian di masa lalu.

Nah, belajar dari masa lalu, tentu kita harus memperbaikinya di masa mendatang. Jangan sampai, kita mengulangi kesalahan yang sama. Apalagi, ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala menggunakan beberapa waktu untuk memanggil kita. Jangan biarkan waktu itu berlalu tanpa kita memenuhi panggilan-Nya.

Allah hanya memanggil kita di tiga waktu saja. Kapankah itu?

1. Adzan

Inilah panggilan Allah yang pertama. Panggilan yang satu ini adalah satu-satunya panggilan yang dapat kita dengar secara jelas dan nyata. Ketika masuk waktu shalat maka akan dikumandangkan panggilan Allah berupa adzan. Apabila kita melaksanakan shalat setelah adzan berkumandang maka kita telah memenuhi panggilan Allah tersebut.

Namun, dalam panggilan ini Allah tidak cepat marah meskipun hamba-Nya tidak menanggapi langsung panggilan-Nya dengan menunda waktu shalat. Masih banyak orang yang terlambat untuk melaksanakan shalat, bahkan ada yang tidak mengerjakan sama sekali karena rasa malasnya. Tapi, Allah tidak marah seketika dan Dia masih memberikan rahmat-Nya, masih memberikan rezeki-Nya, kebahagian bagi umat-Nya, dan kenikmatan lainnya.

2. Haji

Panggilan kedua ini bersifat halus dan bergiliran. Tak semua hamba memiliki kesempatan dalam memenuhi panggilan Allah ini. Bahkan jalan menuju panggilan ini pun dapat ditempuh dengan berbagai macam, seperti berangkat haji dengan hartanya sendiri, berangkat karena orang lain atau berangkat haji hadiah dari suatu lomba atau ajang. Tidak ada yang menjamin jika orang yang tidak memiliki uang tidak dapat pergi haji karena apa pun bisa terjadi dengan niat yang kuat.

Ketika kita memiliki niat haji, berpakaian ihram dan mengumandangkan ‘Labaik Allahuma Labaik’, maka saat itulah kita memenuhi panggilan Allah yang kedua. Kita akan merasa senang karena dapat menjawab penggilan Allah yang halus. Allah telah berfirman bahwa laksanakanlah haji bagi yang mampu.

3. Kematian

Inilah panggilan terakhir yang paling mengerikan. Panggilan ini lebih halus dan jarang disadari oleh siapapun yang akan dipanggil. Meskipun kematian ini adalah suatu hal yang pasti tapi tidak ada satu orang pun yang tahu kapan ia akan mendapatkan panggilan itu. Banyak orang yang tidak mampu memenuhi panggilan yang terakhir ini karena tidak dapat memahami tanda-tanda kematian. Oleh karena itu, kita hanya bisa menjawabnya dengan amal ibadah ketika masih hidup. Karena itu, sebaiknya kita dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk memperbanyak beramal saleh. []

loading...
loading...