ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Di UMY, Zakir Naik Ajak Mualaf ini Berbakti pada Orangtua Meski Non-Muslim

Foto: Sindo News
0 346

YOGYAKARTA–Lokasi Safari Dakwah Zakir Naik yang kedua, dilaksanakan di Kota Yogyakarta. Sebuah kehormatan bagi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), bisa menjadi tuan rumah pada Kuliah Umum Zakir Naik di Indonesia kali ini. Dalam ceramahnya, Zakir Naik mengajak ribuan peserta yang hadir untuk berbakti kepada orangtua walaupun mereka non-Muslim.

Pernyataan itu disampaikan Zakir Naik ketika ia menjawab pertanyaan dari seorang mualaf pada sesi tanya-jawab. “Anda harus lebih baik kepada orang tua dibanding sebelum masuk Islam. Itu adalah perintah Allah SWT kepada orang-orang yang beriman,” kata Zakir Naik.

Dalam Al-Quran surah Luqman ayat 14, Zakir Naik menjelaskan, bahwa Allah SWT telah berfirman, “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu, hanya kepada Aku kembalimu. (Qs. Luqman : 14).”

Selain itu, Zakir Naik menambahkan bahwa banyak juga hadits shahih yang meriwayatkan tentang kewajiban bagi umat Muslim berbakti kepada kedua orangtua. “Surga ada di bawah telapak kaki ibu. Artinya jika orangtua anda non-Muslim maka tetaplah cintai mereka,” kata Zakir Naik di hadapan sekitar 6.000 peserta.

Kemudian hadist lainnya yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan, “Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, ‘Seseorang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi SAW menjawab, ‘Kemudian ayahmu’.”

“Ibu seperti mendapatkan hadiah emas, perak dan perunggu sekaligus, sedang ayah hanya hadiah hiburan,” ujar Zakir Naik.

Namun bakti kepada orang tua bukannya tanpa batas. Zakir Naik mengatakan, jika perintah orang tua kepada anak bertentangan dengan hukum Islam, maka harus ditolak. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT di Al-Quran surah Luqman ayat 15.

“‘Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya. (QS. Luqman: 15)’.”

“Jika apa yang orangtua perintahkan bertentangan dengan Al-Quran, maka harus ditolak. Selain dari itu, patuhi dan sayangi mereka,” lanjut Zakir. []

Sumber: Kumparan

Comments
Loading...