islampos
Media islam generasi baru

Di Tengah Keterbatasan, Afghanistan Luncurkan Saluran TV Khusus Perempuan

Foto: Islamicnews
0

AFGHANISTAN—Afghanistan dikabarkan telah meluncurkan saluran televisi yang didedikasikan khusus Muslimah. Saluran ini dibuat di tengah pemberontakan yang mengancam, memburuknya ekonomi dan pembatasan kebebasan sipil, Islamicnews melaporkan pada Kamis (8/6/2017).

Zan TV atau Women TV adalah saluran TV digital yang bertujuan untuk menggambarkan prestasi wanita Afghanistan serta tantangan sehari-hari yang mereka hadapi pada khalayak global.

Hamid Samar, pendiri sekaligus Direktur Zan TV optimis dengan prospeknya.

“Zan TV adalah saluran TV pertama dalam sejarah Afghanistan yang dijalankan oleh wanita dan untuk wanita,” katanya kepada Anadolu Agency. Samar mengatakan bahwa meskipun lembaga bantuan telah banyak berinvestasi untuk mempromosikan peluang bagi perempuan di Afghanistan, namun masih banyak yang belum dicapai.

Setelah jatuhnya pemerintah Taliban pada tahun 2002, dana dermawan oleh masyarakat bantuan menyebabkan kemunculan dan pertumbuhan media pribadi yang sebelumnya tidak ada.

Saat ini, sekitar 76 saluran TV swasta dan publik beroperasi, namun banyak bergantung pada bantuan dan hibah untuk tetap beroperasi.

“Kami berharap para donor internasional akan membantu dan mendukung Zan TV agar menjadi  proyek berkelanjutan selama bertahun-tahun yang akan datang, sampai menjadi pemain kunci di industri ini,” kata Samar.

Namun, semangat dari para pegawai wanita telah menjadikannya sebuah inisiatif unik untuk mempromosikan isu-isu perempuan. []

loading...
loading...