ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Di Rusia, Mainan Spinner Disebut ‘Alat Pencipta Zombie’

Foto: CNN
0

RUSIA—Badan Pengawas Konsumen (Rospotrebnadzor) salah satu negara bagian Rusia telah memperingatkan dampak bahaya fidget spinner, mainan yang tengah mewabah di seluruh dunia.

Menurut laporan Worldbulletin pada Selasa (18/7/2017) Rospotrebnadzor telah mencatat “Tingkah agresif akibat fidget spinner bagi anak-anak dan remaja,” dan menyadari kekhawatiran dari orang tua dan guru.

Rospotrebnadzor akan meminta ilmuwan untuk “Meneliti efek pengaruh spinner pada kesehatan anak-anak, termasuk kemungkinan pengaruh negatifnya.”

Pengumuman tersebut disertai peringatan di televisi pemerintah kepada masyarakat untuk tidak membeli spinner di jalan-jalan dan memeriksa bau bahan kimia yang muncul di mainan tersebut.

Sebuah acara yang disebut “Virus” di televisi Rossiya 24 pada 12 Juli menyebut spinner sebagai “Alat untuk menciptakan zombie” dan “salah satu bentuk hipnosis.”

“Spinner dianggap memiliki efek negatif pada jiwa dan membuat seseorang rentan terhadap penipuan,” ungkap presenter acara memperingatkan.

Situs berita pro-pemerintahLife News pada hari Selasa memuat sebuah fitur pada “Tujuh tragedi yang terjadi pada anak-anak akibat spinner,” termasuk jari seorang anak laki-laki berusia enam tahun yang terluka akibat spinner.

Mainan ini pertama kali menjadi populer di AS musim semi ini sebelum mewabah ke Eropa. Spinner telah dilarang di beberapa sekolah di AS, Prancis dan Inggris. []

loading...
loading...