islampos
Media islam generasi baru

Di Indonesia, Bagi-bagi Takjil Gratis pun Dilakukan Warga Non-Muslim

Foto: Viva
0

JAKARTA–Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat Muslim di Indonesia. Karena kesucian dan keberkahannya, selama satu bulan penuh umat Islam melaksanakan puasa dari fajar hingga berkumandangnya adzan Magrib.

Selama lebih dari 12 jam menahan lapar dan dahaga, momen berbuka puasa menjadi hal yang sangat berkesan bagi yang menjalankannya. Sehingga, di beberapa tempat seringkali ditemui takjil gratis yang disediakan oleh orang yang ingin berbagi di bulan Ramadan.

Bagi umat Muslim, memberi makanan atau minuman bagi orang lain yang hendak berbuka puasa menjadi kewajiban meskipun hanya seteguk air. Namun, bagaimana jadinya jika berbagi takjil gratis ini dilakukan juga oleh non-Muslim?.

Seperti yang terjadi di vihara, kelenteng, dan gereja di Indonesia. Berikut, lima tempat ibadah non-Muslim yang dijadikan lokasi berbagi makanan dan minuman gratis (takjil gratis) menjelang adzan Magrib berkumandang:

1. Klenteng Hok Tik Bio Pati

Ramadan
Foto: Viva

Jauh sebelum waktu buka puasa tiba, berbagai pihak yang tergabung bersama Kelenteng Hok Tik Bio membagikan makanan dan minuman untuk sekadar dijadikan penyegar dahaga dan pembatal puasa. Ratusan hingga ribuan bungkus bisa habis setiap hari. Bagi-bagi takjil ini telah menjadi kegiatan rutin sebagai bentuk kepedulian antar umat beragama. Lokasi Kelenteng : Pati Wetan, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

2. Gereja Kristen Jawa (GKJ) Bekasi

Ilustrasi. Foto: Viva

Jemaat GKJ Bekasi setiap Ramadan tiba dengan dibantu beberapa pihak seperti Satlantas Polresta Bekasi, ada ribuan paket mekanan yang dibagikan pada pengguna jalan maupun warga di sekitar. Biasanya pembagian dimulai sejak pukul 16.00 hingga menjelang magrib. Lokasi pembagian takjil : Samping pos polisi Bekasi Cyber Park Jalan M Hasibuan, Bekasi Selatan.

3. Klenteng Hok Swie Bio

Foto: Viva

Membagikan takjil saat Ramadan ternyata sudah menjadi tradisi Klenteng Hok Swie Bio sejak puluhan tahun silam. Tentu banyak kalangan mulai dari warga sekitar, pengguna jalan hingga tukang becak yang lewat menyambut dengan baik. Di tahun 2016 kemarin, pembagian dilakukan pada hari jumat dan tersedia sekitar 400 paket takjil. Bukan hanya itu, bahkan pihak klenteng juga mempersiapkan tempat duduk bagi mereka yang ingin makan di tempat. Lokasi : Jl. WR. Supratman, Karang Pacar, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

4. Klenteng Kwan Sing Bio Tuban

Foto: Cerita Tanjung

Bertempat di halaman klenteng, biasanya ada agenda untuk membagikan takjil yang dikemas sedemikian rupa agar mudah dibawa, termasuk oleh pengguna sepeda motor. Jumlahnya juga banyak mencapai ribuan. Pembagian pada Ramadan tahun 2016 kemarin saja mencapai 5 ribu bungkus dan dilakukan tanggal 4 Juli 2016. Lokasi : Jalan R.E. Martadinata No.1, Karangsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

5. Vihara Sanggar Suci Malang

Foto: Viva

Umat Budha di Vihara Sanggar Suci meulai membagikan takjil sejak era 90-an. Berawal karena ingin membantu sesama di tengah-tengah krisis, kegiatan tersebut bertahan dan rutin dilakukan setiap tahun. Lokasi : Jalan Wahidin 36-38 Lawang, Kabupaten Malang. []

Sumber: Viva

loading...
loading...