ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Di HUT RI Ke-72, Paskibraka Ini Gunakan Cadar Ketika Kibarkan Bendera Merah Putih

Foto: Tempo
0

TASIKMALAYA—Ada yang unik dalam pengibaran Bendera Merah Putih dalam HUT RI Ke-72 di Kota Tasikmlaya, Jawa Barat. Pasukan pengibar bendera upacara tersebut terlihat mengenakan cadar, bahkan fotonya menjadi viral.

Upacara yang dilakukan di Lapangan Lodaya Kecamatan Cisayong, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis, 17 Agustus 2017 lalu, para pelaksananya adalah para siswa siswi Madrasah Aliyah dan SMK Pondok Pesantren Idrisiyyah, yang berlokasi di Cisayong, Tasikmalaya.

Delapan siswi yang tergabung dalam pasukan pengibar semua mengenakan cadar yang menutup wajah.

Menurut Kepala Divisi Public Relation Pesantren Idrisiyyah, Sandra Yusuf Fadris, pengibaran tersebut bukanlah yang pertama kali dilakukan Pesantren Idrisiyyah yang menjadi pelaksana.

“Setidaknya sudah lima kali lah kami (sekolah kami) jadi pengibar,” kata Sandra seperti dikutip dari Tempo, Jum’at (18/8/2017).

Tiap tahun ada pengundian untuk menentukan sekolah yang akan menjadi pelaksana pengibar bendera. Tahun ini, giliran Pesantren Idrisiyyah yang mendapat jatah.

Dalam kesempatan tahun ini, 25 orang Santri yang tergabung dalam Paskibraka tampil dihadapan Muspika Kecamatan Cisayong dan juga seluruh lapisan Masyarakat yang hadir mengikuti Upacara Peringatan HUT RI ke-72.

Sandra menjelaskan keyakinan bagi wanita untuk mengenakan cadar, sudah diyakini oleh sekolah ini termasuk saat melaksanakan upacara bendera.

Hal ini sesuai dengan ajaran Tarekat Idrisiyyah yang pertama kali masuk ke Tasikmalaya pada 1923. Menurut Sandra, di Tasikmalaya, Pesantren Idrisiyyah merupakan salah satu lembaga sekolah tertua. []

loading...
loading...