ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Di Akhir Zaman, Manusia Tidak Bergerak Sebelum Ditanya 4 Hal Ini

0

Advertisements

DUNIA ini merupakan pijakan sementara bagi makhluk hidup. Akan ada masanya, di mana seluruh makhluk hidup di muka bumi ini tidak akan ada lagi yang bisa bertahan hidup. Itulah, akhir zaman, hari yang tak bisa ditahan lagi kedatangannya. Bahkan, kita pun tak pernah mengetahui kapan hari yang dahsyat itu akan hadir.

Ketika hari kiamat itu hadir, maka pada saat itulah manusia di seluruh permukaan bumi binasa. Setelah itu, mereka akan dibangkitkan kembali. Dan, saat itulah mereka akan dihadapkan pada Allah, hingga mereka tidak bisa bergerak sebelum ditanya mengenai beberapa hal.

Sebagaimana dikatakan oleh Mu’adz bin Jabal RA, “Tidak ada seorang pun melainkan nanti pada hari kiamat menghadap pada Allah, di mana ia tidak akan bergerak sebelum ditanya tentang empat hal, yaitu:

1. Tentang badannya untuk apa dirusakkan,

Related Posts
1 of 22

2. Tentang umurnya untuk apa dihabiskan,

3. Tentang ilmunya, bagaimana diamalkan,

4. Tentang hartanya, darimana diperolehnya dan untuk apa dibelanjakannya.”

Nah, sudah siapkah kita ditanya keempat hal itu? Mampukah kita menjawab keempat pertanyaan tersebut? Kita akan mampu menjawabnya, jika kita memanfaatkan waktu hidup ini dengan sebaik mungkin. Kita tidak sembarangan dalam mengambil langkah. Segala sesuatu harus dipikirkan masak-masak, apakah itu akan merugikan diri kita, bagi dunia dan akhirat, atau kah tidak. Wallahu ‘alam. []

Sumber: Terjemah Tanbihul Ghafilin Peringatan bagi Orang-orang yang Lupa 2/Karya: Abu Laits as Samarqandi/Penerbit: PT Karya Toha Putra Semarang

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline