islampos
Media islam generasi baru

Dengan Penuh Perjuangan, Jemaah Haji Palestina Kloter Pertama Tiba di Gaza

Foto: PIC
0

PALESTINA—Jemaah haji Palestina kloter pertama dilaporkan telah kembali pulang ke Palestina. Jemaah haji mendarat di Gaza yang masih diblokade Israel pada Selasa (12/9/2017) setelah melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji selama sebulan.

Melansir laporan PIC, Kepala Komisi Umum Penyeberangan dan Perbatasan, Hisyam Udwan, mengatakan 800 jemaah haji tiba di Gaza pada Selasa pagi. Jemaah berhasil berangkat haji menyusul penundaan pemberangkatan mereka selama 12 bulan.

Jemaah haji mencapai Jalur Gaza yang diblokade melalui perbatasan Rafah dengan Mesir. Mereka tiba beberapa jam setelah mereka mendarat di Bandara Internasional Kairo yang berjarak sekitar 500 kilometer dari Gaza.

Jasad seorang wanita tua yang meninggal dalam perjalanan pulang juga tiba di Jalur Gaza.

Keterlambatan tersebut disebabkan oleh ancaman keamanan yang mengguncang Semenanjung Sinai di Mesir. Dalam bentrokan tersebut setidaknya 18 polisi Mesir tewas dan lainnya menderita luka-luka dalam sebuah serangan terhadap sebuah konvoi keamanan di wilayah tersebut pada Senin (11/9/2017).

Diblokir oleh Israel – melalui udara, darat dan laut – sejak 2007, Jalur Gaza terus bergulat dengan blokade yang keras. Blokade ini membuat ribuan orang sipil dan kasus kemanusiaan yang sakit terdampar di “penjara terbuka terbesar di dunia.” []

loading...
loading...