Demi Bangun Kembali Gaza, Saudi Serahkan Bantuan 80 Juta Dolar

Foto: PIC
0

PALESTINA—Arab Saudi terus membuktikan dukungan mereka kepada Palestina. Menurut laporan, Saudi telah memberikan bantuan senilai 80 juta USD untuk rekonstruksi rumah yang hancur di Gaza selama agresi militer Israel pada 2014. Keterangan ini disampaikan Menteri Perumahan Palestina Mufeed Hasayneh, Kamis (23/3/2017).

Dalam konferensi pers, Hasayneh mengatakan bahwa dana sebesar 40 juta USD dari bantuan Saudi akan segera dicairkan. Palestina akan bekerjasama dengan Badan Pengurus Pengungsi Palestina PBB (UNRWA) untuk memberikan bantuan kepada 1.300 warga yang membutuhkan, PIC melaporkan.

Sementara dana bantuan sebesar 10 juta USD dari sisa 40 juta USD akan dialokasikan untuk merekonstruksi 274 rumah sesuai koordinasi dengan Program Pembangunan PBB (UNDP).

Hasayneh mengatakan bahwa setelah proyek saat selesai, hampir 89 persen dari rencana rekonstruksi Gaza akan selesai.

Menteri perumahan juga mengatakan bahwa baru-baru ini Israel telah menyetujui 876 aplikasi pembelian semen untuk penggunaan pribadi di Gaza. Dia mengatakan total 1,6 juta ton semen telah diimpor dari Israel sebagai bagian dari rencana rekonstruksi Gaza. []